Blog Post

Gerakan > Internasional > Vladimir Putin Adalah Seorang Politikus Rusia Juga Menjabat sebagai Presiden Rusia
vladimir putin presiden Rusia

Vladimir Putin Adalah Seorang Politikus Rusia Juga Menjabat sebagai Presiden Rusia

Spread the love

Vladimir Putin adalah seorang politikus Rusia yang telah lama menjabat sebagai pemimpin negara itu.

Vladimir Putin adalah seorang politikus Rusia yang telah menjabat sebagai Presiden Rusia sejak 2012. Ia juga menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia dari 1999 hingga 2000 dan kembali lagi dari 2008 hingga 2012. Putin adalah presiden dengan masa jabatan terlama kedua di Eropa setelah Aleksandr Lukashenko, Presiden Belarus.

Biographi Singkat  dan Pendidikan

Vladimir Putin lahir pada 7 Oktober 1952 di Leningrad, Rusia, Uni Soviet. Ia adalah anak dari Vladimir Spiridonovich Putin, seorang petugas transportasi, dan Maria Ivanovna Putina, seorang buruh pabrik. Putin memiliki seorang adik perempuan bernama Lyudmila.

Putin belajar bahasa Jerman di sekolah menengah dan lulus dari Universitas Leningrad dengan gelar di bidang hukum pada tahun 1975. Setelah lulus, ia bekerja di KGB, badan intelijen luar negeri Uni Soviet. Putin bertugas di Jerman Timur dari tahun 1975 hingga 1989.

Karier politik

Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Putin bekerja di administrasi kota Leningrad. Pada tahun 1996, ia pindah ke Moskow untuk bekerja di administrasi presiden. Pada tahun 1999, Putin diangkat sebagai Perdana Menteri Rusia oleh Presiden Boris Yeltsin.

Putin menjadi presiden Rusia pada tahun 2000. Ia terpilih kembali pada tahun 2004, 2012, dan 2018. Selama masa jabatannya, Putin telah melakukan sejumlah reformasi ekonomi dan politik. Ia juga telah memperkuat posisi Rusia di dunia internasional.

Kebijakan

Kebijakan Putin telah menjadi subjek perdebatan yang sengit. Penggemarnya menyebutnya sebagai pemimpin yang kuat dan tegas yang telah membawa stabilitas dan kemakmuran ke Rusia. Kritikusnya menuduhnya sebagai otoriter yang telah membatasi kebebasan dan hak asasi manusia.

Invasi Ukraina

Pada tanggal 24 Februari 2022, Putin memerintahkan invasi ke Ukraina. Invasi ini telah menyebabkan krisis kemanusiaan di Ukraina dan telah di condemned oleh komunitas internasional.

Kehidupan pribadi

Putin menikah dengan Lyudmila Putina pada tahun 1983. Mereka memiliki dua putri, Maria dan Katerina. Putin dan Lyudmila bercerai pada tahun 2014.

Putin adalah seorang judoka yang berprestasi. Ia juga dikenal sebagai penggemar seluncur es dan musik klasik.

Berikut ini adalah beberapa tambahan informasi lengkap tentang Vladimir Putin

1. Kelahiran dan Latar Belakang: Vladimir Vladimirovich Putin lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di Leningrad, yang sekarang dikenal sebagai St. Petersburg, Rusia. Ia berasal dari latar belakang keluarga pekerja biasa dan tumbuh besar di lingkungan yang keras selama masa Uni Soviet.

2. Karier Awal: Putin awalnya belajar hukum di Universitas Leningrad dan bergabung dengan KGB, badan intelijen Soviet, pada tahun 1975. Ia bekerja di berbagai divisi KGB dan menghabiskan sebagian besar kariernya di Jerman Timur. Setelah jatuhnya Tembok Berlin dan akhir Perang Dingin, ia kembali ke Rusia dan bekerja di pemerintahan kota St. Petersburg.

3, Kariernya dalam Politik: Putin memasuki dunia politik pada tahun 1991, ketika ia menjadi penasihat bagi Walikota St. Petersburg Anatoly Sobchak. Setelah itu, ia pindah ke Moskow dan menduduki berbagai jabatan dalam pemerintahan Rusia. Pada tahun 1999, ia diangkat sebagai Perdana Menteri oleh Presiden Boris Yeltsin.

4. Presiden Rusia: Pada tahun 1999, Yeltsin mengundurkan diri secara tiba-tiba, dan Putin diangkat sebagai pelaksana tugas Presiden. Kemudian, dalam pemilihan tahun 2000, Putin terpilih sebagai Presiden Rusia. Ia memegang jabatan tersebut hingga tahun 2008, ketika ia menjadi Perdana Menteri di bawah Presiden Dmitri Medvedev. Pada tahun 2012, Putin kembali terpilih sebagai Presiden dan memegang jabatan tersebut hingga saat ini.

5. Kepemimpinan dan Kritik: Putin telah dikenal sebagai pemimpin yang otoriter dan sering kali dituduh membatasi kebebasan bermedia dan oposisi politik. Ia juga telah memimpin perubahan kebijakan luar negeri Rusia yang kontroversial, termasuk aneksasi Krimea dari Ukraina pada tahun 2014.

6. Populeritas dan Dukungan: Putin telah mempertahankan tingkat popularitas yang tinggi di kalangan sebagian besar warga Rusia. Meskipun ada kritik dan kontroversi, banyak orang di Rusia menganggapnya sebagai figur yang kuat dan stabil dalam periode pasca-Soviet.

7. Perubahan Konstitusi: Pada tahun 2020, Putin mengusulkan perubahan konstitusi yang memungkinkan dirinya untuk tetap berkuasa setelah masa jabatannya sebagai Presiden berakhir. Ini mengarah pada referendum konstitusi yang diadakan pada Juli 2020, yang memberikan lampu hijau untuk Putin untuk bertahan di kekuasaan hingga 2036.

8. Hubungan Luar Negeri: Putin memainkan peran penting dalam politik internasional, terutama dalam hubungan Rusia dengan negara-negara Barat seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Hubungan ini telah sering kali tegang, terutama dalam konteks perang di Ukraina dan intervensi Rusia di Suriah.

Vladimir Putin adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam politik global dan telah memimpin Rusia selama bertahun-tahun dengan otoriter. Kepemimpinannya telah memicu debat dan kontroversi di seluruh dunia.

Moment

vladimir bersama jokowi dan iriana
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo berfoto bersama Presiden Rusia Vladimir Putin saat acara Gala Dinner The Belt and Road Forum di Beijing, China Selasa (17/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Iriana bahkan berfoto dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat kunjungan kerja ke China.

Sementara di Indonesia, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai   cawapres Ganjar Pranowo.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *