Blog Post

Gerakan > Lifestyle > Visi Ganjar-Mahfud Kembangkan IPTEK

Visi Ganjar-Mahfud Kembangkan IPTEK

Spread the love

Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, memiliki beberapa visi misi di sektor sains dan teknologi.

Beberapa di antaranya mencakup penekanan pada riset dan inovasi sebagai landasan utama, peningkatan signifikan anggaran untuk riset dan inovasi, serta pembangunan ekosistem riset dan inovasi.

Hal tersebut diterangkan oleh Andi Widjajanto, Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, dalam konferensi pers yang membahas mengenai Visi Misi Ganjar-Mahfud untuk Pilpres 2024 di Media Center TPN Ganjar Presiden, Menteng, Jakarta Pusat.

Andi menjelaskan bahwa poin awal dari visi misi Ganjar-Mahfud MD dalam sektor sains dan teknologi adalah peningkatan investasi riset dan inovasi di industri yang unggul.

“Sebagai contoh, dengan meningkatkan alokasi anggaran riset dan inovasi (Gross Domestic Expenditure on Research and Development) hingga mencapai 1 persen dari Produk Domestik Bruto pada tahun 2029,” ungkap Andi.

“Selanjutnya, dengan mendorong kolaborasi antara pendanaan pemerintah dan sektor swasta melalui efisiensi pagu anggaran dan penyederhanaan peraturan terkait pendanaan filantropi dan memberikan insentif pajak atau subsidi bagi sektor swasta,” tambahnya.

Selanjutnya, dalam rangka membangun ekosistem riset dan inovasi, visi misi Ganjar-Mahfud MD melibatkan optimalisasi penggunaan hasil riset dan inovasi dalam negeri untuk membantu dalam penyusunan kebijakan dan proses industrialisasi.

Untuk mencapai kemajuan dalam sains dan teknologi, Ganjar dan Mahfud MD mempresentasikan visi misi GP Project, yang melibatkan karantina produktif dengan mengumpulkan ilmuwan dan teknisi.

Baca Juga: Peran Media Sosial Untuk Ganjar Pranowo

Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan menguasai teknologi yang memberikan manfaat luas kepada masyarakat.

“Proyek ini mencakup rentang teknologi dari yang sederhana dan terjangkau hingga teknologi tinggi yang memiliki potensi sebagai pemain kunci bagi masa depan Indonesia,” jelas Andi.

Visi misi Ganjar-Mahfud MD dalam sains dan teknologi terakhir melibatkan penyediaan beasiswa secara masif dan terarah.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan dan memperluas pemberian beasiswa, khususnya untuk anak-anak muda Indonesia yang siap menghadapi tantangan masa depan Indonesia, sejalan dengan strategi Pembangunan menuju Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Negara dengan Kebijakan Ekonomi Berbasis Sains dan Teknologi Cenderung Superior

Dalam penelitiannya terhadap Global Competitiveness Index yang dimiliki oleh World Economic Forum, Sener dan Saridogan pada tahun 2011 dalam bukunya yang berjudul “The Effects of Science-Technology-Innovation on Competitiveness and Economic Growth” menyimpulkan bahwa negara-negara yang menerapkan kebijakan ekonomi berbasis sains, teknologi, dan inovasi memiliki keunggulan dibandingkan dengan negara-negara lain.

Baca Juga: Demi Ganjar Pranowo, Relawan Ini Rilis Lagu

Negara-negara tersebut menunjukkan daya saing global yang lebih tinggi, pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat, dan keberlanjutan yang lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini juga berdampak positif pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terus fokus terkait percepatan penguasaan sains dan teknologi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *