Blog Post

Gerakan > Election > TPN Ganjar-Mahfud Dukung Toleransi Dalam Pemilu 2024, Apa Manfaat Toleransi?

TPN Ganjar-Mahfud Dukung Toleransi Dalam Pemilu 2024, Apa Manfaat Toleransi?

Spread the love

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Gatot Eddy Pramono, menegaskan komitmen pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD beserta tim dalam menjunjung tinggi toleransi, mengingat manfaat toleransi akan sangat baik di tengah keberagaman masyarakat Indonesia.

Gatot menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam, di mana setiap individu saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

“Kami melihat toleransi sangatlah penting karena perbedaan-perbedaan itulah yang membuat bangsa ini berdiri. Bangsa Indonesia ini didirikan dengan landasan keberagaman, termasuk perbedaan agama, bahasa, ras, suku, dan lainnya,” ujar Gatot setelah menghadiri deklarasi dukungan relawan etnis Toraja di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta Pusat pada Minggu, (19/11/2023).

Baca Juga: Ganjar : Tak Mau Giring Anak Muda dengan 1 Jargon

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud itu menegaskan bahwa di tengah perbedaan yang ada, penting bagi seluruh masyarakat untuk melaksanakan pemilu secara damai.

Gatot yang hadir mewakili TPN Ganjar-Mahfud kemudian mengingatkan bahwa demokrasi harus dilaksanakan dengan baik, tanpa menyebabkan perpecahan di antara masyarakat.

“Ketika kita melaksanakan demokrasi, ya kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Apa Manfaat Toleransi yang Di Dorong TPN Ganjar-Mahfud?

Manfaat toleransi yang pertama adalah peningkatan keimanan. Indonesia, sebagai negara dengan enam agama resmi, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu, menunjukkan keberagaman yang unik.

Toleransi memainkan peran penting dalam menghargai keberadaan agama lain, mendorong setiap penganut agama untuk menghayati ajaran agama mereka dan meningkatkan iman serta ketakwaan kepada Tuhan.

Keuntungan selanjutnya adalah penciptaan rasa rukun dan damai dalam masyarakat. Tanpa sikap toleransi, kehidupan beragama di Indonesia dapat menjadi kacau dan memicu perpecahan. Toleransi memainkan peran kunci dalam membentuk perdamaian, menciptakan rasa cinta damai, dan merawat kerukunan antar umat beragama.

Manfaat toleransi yang lain adalah mempererat rasa persaudaraan di antara sesama umat manusia. Dengan menjaga toleransi, masyarakat dapat menghindari percekcokan dan menyelesaikan perselisihan yang timbul akibat perbedaan keyakinan. Ini memelihara tali persaudaraan dalam kehidupan berbangsa yang majemuk.

Toleransi juga memberikan jaminan rasa aman bagi umat beragama minoritas. Di Indonesia, yang mayoritas beragama Islam, toleransi memastikan bahwa umat minoritas dapat menjalankan ibadah atau ritual sesuai ajaran agamanya tanpa rasa takut atau gangguan.

Dengan adanya toleransi, kita dapat lebih menghargai perbedaan dan keragaman yang ada di dunia. Menghargai keberagaman memperkaya pengalaman hidup kita, memungkinkan kita menikmati berbagai aspek budaya, dan menjadikan kehidupan lebih kaya dan beragam. Toleransi juga merangsang kreativitas dan inovasi, karena membuka pikiran terhadap ide-ide baru.

Selain itu, toleransi membantu mencegah stereotip dan prasangka, memungkinkan kita melihat individu sebagai individu tanpa terpengaruh oleh kelompok tertentu. Ini dapat mengurangi prasangka yang sering merugikan dan menyesatkan.

Pernyataan TPN Ganjar-Mahfud tentang toleransi merupakan upaya dalam membangun dan memelihara persatuan di Indonesia, menghargai keberagaman sebagai kekuatan yang memperkaya bangsa. Manfaat toleransi dianggap memberi nilai kunci yang harus dijunjung tinggi untuk memastikan kelancaran pelaksanaan demokrasi tanpa mengorbankan keutuhan bangsa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *