Blog Post

Gerakan > Election > Target Ambisius! Ganjar-Mahfud Ingin Ciptakan 17 Juta Lapangan Pekerjaan Baru
Mahfud MD Jadi Optimis Dapat Energi Dukungan dari Yenny Wahid di Pilpres 2024

Target Ambisius! Ganjar-Mahfud Ingin Ciptakan 17 Juta Lapangan Pekerjaan Baru

Spread the love

Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, berkomitmen untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru jika keduanya terpilih, sesuai dengan visi dan misi yang mereka sampaikan dalam dokumen kampanye mereka pada Sub-Bab 3.1.1. “Cepat Kerja – 17 Juta Lapangan Kerja Baru.”

“Memastikan penyerapan angkatan kerja baru setiap tahun dan mengurangi jumlah pengangguran hingga mencapai tingkat penyerapan tenaga kerja optimal, agar semua rakyat cepat dapat kerja,” tertulis dalam dokumen tersebut, dikutip pada Rabu, (25/10/2023).

Tujuan utama dari komitmen ini adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dan memastikan penyerapan tenaga kerja mencapai tingkat optimal. Ganjar-Mahfud ingin memastikan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Selain menciptakan lapangan kerja, Ganjar dan Mahfud juga berjanji untuk menciptakan lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan usaha ultra mikro, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta usaha-usaha yang dapat terus berkembang.

Baca Juga: Duet Ganjar – Mahfud ingin Kuatkan Geopolitik Indonesia?

Hal ini akan dicapai melalui penataan dan implementasi regulasi yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan menempatkan warga negara sebagai fokus utama dalam kegiatan berusaha.

Dalam dokumen visi misi mereka, juga disebutkan bahwa mereka akan memastikan bahwa minimal 35% dari alokasi kredit perbankan akan diperuntukkan bagi koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan. Selain itu, mereka akan memberikan pelatihan dan fasilitasi akses pasar kepada sektor-sektor usaha ini.

“Memastikan alokasi kredit perbankan minimal 35% untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan diikuti dengan pelatihan serta fasilitasi akses pasar,” dikutip dari dokumen visi misi yang sama.

Lebih lanjut Ganjar dan Mahfud juga menargetkan pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 7%. Keduanya ingin mencapai target ini dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia yang unggul, produktif, dan memiliki nilai tambah tinggi dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Melaui strategi ini, mereka berharap mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara cepat, merata, dan adil.

Soal Lapangan Pekerjaan Ganjar Pernah Bicara di Surabaya

Calon Presiden Ganjar Pranowo juga pernah mengatakan soal memprioritaskan penciptaan lapangan kerja dan mengajak para pengusaha untuk berperan aktif dalam proses tersebut. Hal ini pernah diungkapnya ketikan bertemu dengan 200 pengusaha di Surabaya.

Dalam pertemuan itu Ganjar Pranowo juga menekankan pentingnya percepatan dalam penyediaan lapangan kerja untuk menampung sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Ganjar menggarisbawahi bahwa penciptaan lapangan kerja harus diakselerasi untuk memberikan lebih banyak peluang bagi SDM serta memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan.

Ia mengajak pengusaha untuk tetap adaptif terhadap perkembangan zaman, tidak hanya sebagai modal untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga sebagai wadah untuk menyerap tenaga kerja.

“Tentu saja karena banyak pertanyaan terkait dengan penciptaan lapangan kerja, maka ini pasti investasi, insentif-insentif yang diberikan, termasuk adaptif terhadap perubahan,” kata Ganjar di Ming Garden, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (14/10/2023).

Menurut Ganjar, di era digital yang penuh dengan perubahan cepat, terdapat banyak peluang untuk menciptakan pekerjaan baru oleh para pengusaha, terutama untuk generasi muda yang memiliki banyak potensi dan talenta.

Ganjar berharap inovasi dan penciptaan lapangan kerja oleh para pengusaha dapat membuka lebih banyak peluang pekerjaan, sehingga SDM lokal bisa terserap dengan baik, yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian mereka.

“Sehingga banyak kreasi-kreasi pekerjaan yang bisa dibuat oleh mereka. Maka harus ada inovasinya di setiap perusahaan,” ucap Ganjar.

Ganjar juga berbicara tentang pentingnya inovasi di setiap perusahaan dalam rangka menciptakan pekerjaan baru. Dalam pertemuan tersebut, hadir beberapa pengusaha terkemuka seperti Alim Markus, Henky Kurniadi, dan Hary Tanoesoedibjo. Ganjar turut memberikan pandangannya tentang peran penting SDM dalam memajukan industri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *