Blog Post

Gerakan > Daerah > Sumber Pangan Lokal Alternatif Pengganti Nasi
Pangan Lokal (ilustrasi)

Sumber Pangan Lokal Alternatif Pengganti Nasi

Spread the love

Di tengah kesadaran yang semakin tinggi tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui pola makan yang seimbang, makanan lokal Indonesia menjadi pilihan yang sehat secara global.

Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan beragam sumber makanan selain nasi, dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengatasi risiko krisis pangan. Krisis pangan adalah salah satu masalah mendesak yang harus diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kebutuhan dasar manusia.

Baca Juga : Kapal China dan Filipina Tabrakan, Laut Cina Selatan Memanas

Krisis pangan ini akan semakin parah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, yang akan meningkatkan permintaan makanan, tetapi tidak diimbangi dengan peningkatan pasokan dan penggunaan makanan. Untuk menghadapi risiko krisis pangan, diperlukan peningkatan produksi makanan yang sesuai dengan kebutuhan setiap daerah.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan pengembangan dan penggunaan makanan lokal agar kita tidak terlalu bergantung pada impor makanan dari luar negeri. Hal ini akan membantu mengurangi ketergantungan terhadap pasokan pangan global yang saat ini rentan terhadap konflik bersenjata dan krisis kesehatan.

Contoh Sumber Pangan Lokal

Berikut merupakan contoh Sumber Pangan Lokal yang bisa dikonsumsi yang tidak hanya enak, tetapi memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa

  1. Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman yang paling penting dalam produksi karbohidrat global, bersanding dengan gandum dan beras. Di wilayah Amerika Tengah dan Selatan, serta sebagian wilayah di Afrika dan Indonesia, jagung adalah makanan pokok yang sangat penting. Saat ini, jagung juga digunakan sebagai bahan pakan ternak yang signifikan. Selain itu, jagung digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak goreng dan tepung maizena. Selain itu, berbagai produk turunan jagung digunakan sebagai bahan dasar dalam industri farmasi, kosmetik, dan kimia.

  1. Singkong

Singkong merupakan salah satu alternatif pangan lokal  penghasil karbohidrat selain nasi dan jagung. Potensi besar dari singkong yang mudah ditemukan dan berlimpah menjadikannya makanan yang populer di berbagai kalangan. Singkong ini merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Satu setengah potong singkong setara dengan satu porsi nasi.

Baca Juga : 10 Kuliner Populer di Sumedang yang Patut Dicoba Para Turis

  1. Talas

Talas adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sangat umum di Indonesia. Biasanya, talas diolah menjadi berbagai camilan seperti keripik talas dan makanan yang digoreng. Kandungan kalsiumnya yang tinggi bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Setengah potong talas setara dengan satu porsi nasi. Di Indonesia, talas ditanam di hampir seluruh wilayahnya. Di beberapa pulau di Oseania, talas adalah makanan pokok selain sukun.

  1. Kentang

Kentang, selain enak, juga mengandung banyak antioksidan dan serat yang membantu melawan dampak buruk radikal bebas. Mengonsumsi 2 buah kentang setara dengan makan satu porsi nasi.

  1. Sagu

Makanan tradisional dari Indonesia bagian timur yang kaya gizi adalah sagu. Sagu mengandung nutrisi yang dapat membantu mencegah sembelit dan risiko kanker usus. Konsumsi 100 gram sagu atau 8 sendok makan bubuk sorgum setara dengan satu porsi nasi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *