Blog Post

Gerakan > Business > Solusi Untuk Entrepreneur Muda: Hetero for Startup

Solusi Untuk Entrepreneur Muda: Hetero for Startup

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo sekaligus mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) memberikan solusi untuk kalian yang ingin menjadi entrepreneur muda.

Selama masa jabatannya menjadi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berhasil mendukung berbagai bisnis start-up melalui Hetero for Startup (HFS).

Melansir dari hfs.hetero.space, Hetero for Startup adalah sebuah inisiatif yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dengan tujuan mendorong para entrepreneur muda dan pengusaha dalam mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Dalam implementasinya, HFS memberikan kesempatan kepada bisnis yang telah beroperasi untuk mendapatkan bantuan dalam mengidentifikasi product-market-fit, dengan fokus pada pengembangan potensi lokal di setiap wilayahnya.

Dalam tiga tahun terakhir, program Hetero for Startup telah berhasil menjalin kerja sama dengan program-program berkelanjutan seperti Sampoerna Untuk Indonesia dan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang digerakkan oleh PT HM Sampoerna Tbk, dalam rangka memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sebelumnya calon presiden Ganjar Pranowo pernah meluncurkan Hetero Space pada tahun 2020.

Pada awal pendiriannya Hetero Space menjadi wadah kreatif yang dibangun dengan tujuan memberikan pelatihan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi entrepreneur muda di Jateng.

Melalui inisiatif ini, UMKM Jateng diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang mencakup bidang pembukuan, desain kemasan, strategi branding, dan keterampilan fotografi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk mereka melalui media sosial dan berbagai platform digital.

Sejalannya visi Hetero Space oleh Ganjar Pranowo dan Pemprov Jateng dengan PT HM Sampoerna Tbk melahirkan Hetero for Startup untuk memberdayakan entrepreneur muda dan lokal.

Saat ini HFS sudah mencapai sesi atau season ke-3 pada tanggal 21 Maret 2023.

Setelah peluncuran acara di Cinepolis Java Super Mall, Kota Semarang, Ganjar berbagi antusiasme dalam menantikan ide-ide kreatif dan entrepreneur muda yang muncul dalam ajang tersebut.

Hetero for Startup juga berperan sebagai wadah membangun jejaring antara para wirausaha.

“Saya senang, saya bangga karena udah sampai season 3. Mudah-mudahan nantinya ini akan betul-betul bisa menjangkau kawan-kawan entrepreneur baru, dan mulai beberapa waktu lalu hampir dari seluruh Indonesia ikut serta menjadi peserta di sini. Itu tentu saja memberikan pengalaman bagus buat mereka yang mau jadi pengusaha. Mudah-mudahan manfaat, di tengah situasi yang sulit kita harus optimis,” ujar Ganjar.

Ganjar berharap bahwa musim ketiga ini akan lebih menginspirasi daripada musim-musim sebelumnya, terutama karena ada peningkatan peserta dari luar Jateng. Ia berharap agar program Hetero for Startup dapat mencakup lebih banyak entrepreneur muda di seluruh Indonesia.

“Saya senang, saya bangga karena udah sampai season 3. Mudah-mudahan nantinya ini akan betul-betul bisa menjangkau kawan-kawan entrepreneur baru, dan mulai beberapa waktu lalu hampir dari seluruh Indonesia ikut serta menjadi peserta di sini. Itu tentu saja memberikan pengalaman bagus buat mereka yang mau jadi pengusaha. Mudah-mudahan manfaat, di tengah situasi yang sulit kita harus optimis,” katanya.

Keikutsertaan peserta dari berbagai daerah di Indonesia pada awalnya tidak diprediksi saat Hetero for Startup pertama kali diluncurkan.

Inisiatif yang semula dibuat sebagai wadah kreativitas bagi wirausaha yang memulai startup di Jateng sekarang dikenal dalam kancah nasional.

Dengan bantuan Hetero for Startup, para generasi milenial dan pemuda memiliki kesempatan untuk mengembangkan ide mereka dan menjalani karier sebagai entrepreneur muda.

Jika program ini terus berkembang, Indonesia akan terus melahirkan startup yang diprakarsai oleh para pemuda pengusaha.

 

Baca Juga: 5 Prestasi Ganjar Pranowo, Nomor 3 dan 5 Sangat Pro UMKM

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *