Blog Post

Gerakan > Nasional > Siti Atikoh, Istri Calon Presiden Ganjar Pranowo

Siti Atikoh, Istri Calon Presiden Ganjar Pranowo

Spread the love

Siti Atikoh Supriyanti atau yang kerap disapa Atikoh, adalah istri Calon Presiden Ganjar Pranowo, keduanya telah menjadi pasangan suami istri sejak tahun 1999.

Atikoh sering sekali tersorot awak media ketika mendampingi sang suami dalam berbagai kegiatan yang dijalankan.

Pasangan tersebut tak pernah gagal menarik perhatian dan perbincangan, tak heran jika banyak yang ingin mengetahui lebih banyak tentang latar belakang Siti Atikoh.

Siti Atikoh Supriyanti lahir 52 tahun silam, lebih tepatnya pada tanggal 25 November 1971 di Purbalingga, Jawa Tengah.

Tidak banyak yang tahu, Siti Atikoh lahir dari keluarga kalangan pesantren. Kakeknya, Kiyai Haji. Hasyim Abdul Karim merupakan pendiri Pondok Pesantren Riyadus Sholihin Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah.

K.H Hasyim Abdul Karim juga merupakan ulama sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang sangat dihormati di Jawa Tengah.

Pendidikan

Sama seperti sang suami, Atikoh juga mengemban pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan fokus studi Teknologi Pertanian.

Di kampus itulah ia bertemu dan berkenalan dengan Ganjar Pranowo. Tepatnya, mereka saling berkenalan saat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pada saat itu, Atikoh merupakan adik tingkat Ganjar. Mereka akhirnya menikah pada 25 September 1999 dan dikaruniai satu orang anak, Muhammad Zinedine Alam Ganjar pada 14 Desember 2001.

Siti Atikoh kemudian melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, ia mengambil S2 di Tokyo University, pada tahun 2007, dengan fokus studi Public Policy.

Baca Juga: 5 Fakta Siti Atikoh Supriyanti, Nomor 3 Wajib Kamu Simak dan Contoh

Kesibukan Siti Atikoh

Akhir-akhir ini, selain sibuk mendampingi sang suami saat bertugas, Siti Atikoh ternyata juga memiliki peran lain.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Siti Atikoh terpilih sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah pada periode 2018-2023.

Dalam pidatonya, Atikoh berharap agar kaum perempuan menjadi semakin aktif dalam gerakan pramuka.

Siti Atikoh juga aktif menjadi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) wilayah Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2023.

Selain berkegiatan di lingkup pemerintahan, Atikoh pun kerap aktif berolahraga, terutama olahraga lari.

April lalu, Siti Atikoh diundang langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, untuk mengikuti Tokyo Marathon 2023.

Saat mengikuti Tokyo Marathon 2023, Atikoh mengaku merasa nostalgia mengingat pengalamannya menempuh pendidikan di Negeri Sakura tersebut.

“Keikutsertaan saya di Tokyo Marathon 2023 ini sebagai bentuk nostalgia juga karena tahun 2007 saya kuliah S2 di Tokyo,” ujar Atikoh.

Baca Juga: 5 Prestasi Siti Atikoh Istri Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024

Dengan hobi berlarinya ini, Atikoh seringkali terlihat menemani sang suami yang juga memiliki hobi yang sama.

Pada banyak kesempatan, Ganjar dan Atikoh terlihat kompak saat berolahraga pagi, keduanya juga seringkali berinteraksi dengan masyarakat.

Itulah biodata singkat Siti Atikoh, istri dari Ganjar Pranowo, sosok wanita sederhana yang berhasil menemani sang suami dalam kisah suksesnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *