Blog Post

Gerakan > Internasional > Sejarah Nakba Palestina Tahun 1948 Awal Mula Berdirinya Zionis Israel
Nakba Palestina 1948

Sejarah Nakba Palestina Tahun 1948 Awal Mula Berdirinya Zionis Israel

Spread the love
Nakba Palestina 1948 - 2
Nakba Palestina 1948 – 2

Nakba, atau “bencana” dalam bahasa Arab, adalah peristiwa pemindahan dan pengusiran paksa warga Palestina dari tanah air mereka pada tahun 1948. Peristiwa ini terjadi sebagai akibat dari pembentukan negara Israel dan Perang Arab-Israel Pertama.

Pada tahun 1947, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Resolusi 181, yang membagi Mandat Palestina menjadi dua negara, satu negara Yahudi dan satu negara Arab. Resolusi ini ditentang oleh negara-negara Arab, yang menganggapnya sebagai bentuk diskriminasi terhadap orang Palestina.

Pada tanggal 14 Mei 1948, Israel mendeklarasikan kemerdekaannya. Hal ini memicu perang antara Israel dan negara-negara Arab tetangganya. Dalam perang ini, Israel berhasil mengalahkan pasukan Arab dan menguasai sebagian besar wilayah Mandat Palestina.

Nakba Palestina Tahun 1948

Selama perang, Israel melancarkan operasi militer untuk mengusir orang Palestina dari wilayah yang mereka kuasai. Operasi ini dilakukan oleh kelompok-kelompok milisi Yahudi, seperti Haganah, Irgun, dan Lehi.

Salah satu peristiwa yang paling terkenal dalam Nakba adalah pembantaian di Deir Yassin, sebuah desa Palestina di dekat Yerusalem. Pada tanggal 9 April 1948, milisi Irgun dan Lehi membunuh lebih dari 100 orang Palestina, termasuk wanita dan anak-anak. Peristiwa ini menyebabkan ketakutan di kalangan orang Palestina, dan banyak yang memilih untuk melarikan diri dari rumah mereka.

Baca Juga : Indonesia Akan Kirim Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut ke Gaza

Akibat Nakba, lebih dari 700.000 orang Palestina kehilangan tempat tinggal mereka. Mereka terpaksa mengungsi ke negara-negara tetangga, seperti Yordania, Suriah, Lebanon, dan Mesir. Hari ini, orang-orang Palestina yang diusir selama Nakba disebut sebagai pengungsi Palestina.

Nakba merupakan peristiwa penting dalam sejarah Palestina. Peristiwa ini memiliki dampak yang mendalam bagi orang-orang Palestina, dan masih diperingati setiap tahunnya sebagai hari berkabung nasional.

Berikut adalah beberapa faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya Nakba:

  • Kebijakan zionisme, yang bertujuan untuk mendirikan negara Yahudi di Palestina.
  • Perang Arab-Israel Pertama, yang dimenangkan oleh Israel.
  • Operasi militer Israel untuk mengusir orang Palestina dari wilayah yang mereka kuasai.

Nakba telah meninggalkan warisan yang pahit bagi orang-orang Palestina. Peristiwa ini telah menyebabkan penderitaan dan trauma yang mendalam, dan masih menjadi sumber konflik antara Israel dan Palestina hingga saat ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *