Blog Post

Gerakan > Daerah > Relawan Ganjar Creasi Buat Pelatihan Melinting Kretek
Relawan Ganjar Creasi

Relawan Ganjar Creasi Buat Pelatihan Melinting Kretek

Spread the love

Relawan Ganjar Creasi Lakukan Pelatihan Keterampilan Melinting Kretek di Jawa Timur

 

Relawan Ganjar Creasi (G-Creasi) turut menciptakan tenaga kerja terampil dengan menggelar sejumlah program yang mengasah kemampuan warga di Jawa Timur.

G-Creasi sendiri adalah gabungan Generasi Alumni Muda dari berbagai universitas ternama seperti Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair).

Kali ini, para loyalis calon presiden (capres) 2024, Ganjar Pranowo tersebut menggelar kegiatan pelatihan melinting tembakau keretek. Kegiatan pelatihan tersebut digelar di CV Esto Cigarette, Jalan Sidomukti, Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Pidato Ganjar di KPU, Pengamat : Langsung Gigi 6

Relawan Ganjar Creasi

Supriyadi, selaku koordinator Ganjar Creasi di Jatim, menyatakan tembakau keretek sebagai salah satu komoditas yang unggulan di daerah tersebut. Jadi, dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk membantu mengembangkan komoditas tersebut.

“Pelatihan ini pelatihan melinting tembakau. Tembakau itu merupakan salah satu komoditas unggulan di Jawa Timur, terkhsus di Kabupaten Malang,” ungkap Supriyadi.

Oleh karena itu, melalui pelatihan melinting tembakau tersebut, Ganjar Creasi turut menyiapkan dan memproduksi sumber daya manusia (SDM) yang terampil agar kedepannya memungkinkan mereka untuk bisa terserap di perusahaan tembakau keretek.

“Kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Malang ini memberikan keterampilan bagi para peserta untuk nantinya bisa diserap guna kebutuhan tenaga kerja,” ucap Supriyadi menjelaskan tujuan pelatihan.

Untuk mendukung program tersebut, Relawan Ganjar Creasi menggandeng sebuah perusahaan berbentuk CV yang bergelut dalam bidang tembakau keretek yang juga memang membutuhkan tenaga kerja linting tembakau.

“Kami bekerja sama dengan sebuah CV. Dengan adanya kolaborasi seperti ini, mengadakan pelatihan, mereka diberi bekal keterampilan yang berguna. Nanti kedepannya, akan kami siapkan menjadi tenaga kerja di CV ini,” ungkap sosok pria yang akrab disapa dengan panggilan Yadi itu.

Baca Juga: Mahfud Jadi Cawapres, Suasana Rapat Terasa Berbeda

Dalam pelatihan tersebut, Relawan Ganjar Creasi juga mempersiapkan dengan instruktur untuk mendukung proses pelatihan agar lebih lancar dan profesional.

Instruktur yang mengajarkan para peserta, yaitu Dewi Maryam mengatakan dirinya mempratikkan dan mencontohkan cara melinting tembakau keretek yang benar ke para peserta secara pribadi.

Ia melakukan agar para peserta tersebut bisa terampil dan dibutuhkan dalam dunia kerja kedepannya.

“Kami melakukan pelatihan mlinting tembakau kretek. Rata-rata peserta dari pemula. Tujuannya itu untuk mengajarkan para peserta, bagaimana cara melinting yang seharusnya supaya mereka punya skill. Minimal merak tahu cara melinting sehingga ini bisa menjadi bekal mereka untuk mencari pekerjaan,” ungkap Dewi Maryam.

Wanita yang juga merupakan seorang pengusaha di bidang tembakau keretek ini jugamengungkapkan harapannya jika pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud MD menang dalam kontestasi Pilpres 2024, maka kesejahteraan tenaga kerja linting tembakau akan bisa lebih diperhatikan.

“Saya berharap kepada Pak Ganjar jika terpilih sebagai presiden Indonesia 2024. Agart beliau juga dapat memperhatikan tenaga linting tembakau di Indonesia, dan juga beliau bisa menyediakan program atau menggolkan aspirasi dari buruh linting agar sejahtera,” ungkapnya.

Adapun sejumlah peserta yang ikut dalam program ini akan terus diberikan pembinaan sampai menjadi tenaga kerja unggulan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *