Blog Post

Gerakan > Nasional > Rekomendasi Buku Tulisan Soekarno
Presiden Pertama Indonesia, Ir.Soekarno

Rekomendasi Buku Tulisan Soekarno

Spread the love

Apa yang generasi milenial tahu tentang Presiden Soekarno? Mereka mungkin hanya mengenalnya sebagai tokoh yang namanya ada di jalan, patung, foto, dan barang mati lainnya. Tapi sebenarnya, untuk benar-benar memahami Bung Karno, penting untuk membaca karyanya. Dari buku-bukunya, kita bisa memahami dia dengan lebih baik dan lebih dalam. Jadi, buku-buku itu adalah cara terbaik untuk mengenal sosok Presiden Soekarno dengan lebih lengkap.

Sukarno mungkin sudah tiada, tapi cintanya pada buku tetap hidup di hati rakyat Indonesia. Satu hal yang bisa dicontohkan oleh generasi muda Indonesia saat ini dari Sukarno adalah cara dia membaca buku dengan kritis. Sukarno sering mencoret-coret bukunya dan memberikan komentar dengan argumennya sendiri.

Hal ini membuat pola pikir dan karakter Sukarno tetap asli, tidak mudah terpengaruh, dan selalu mandiri meskipun dia memiliki pengetahuan yang luas. Ia adalah salah satu intelektual terbaik Indonesia. Sukarno memiliki hasrat besar untuk membaca buku dalam keheningan sama seperti hasratnya untuk berbicara di depan banyak orang. Melalui membaca, Sukarno menjadi sosok yang sangat kompleks, dan kisah hidupnya masih relevan untuk dipelajari hingga sekarang.

Baca juga : Pak Kasur yang Legendaris, Pencipta Lagu Anak

Rekomendasi Buku Karya Bapak Proklamator, Ir. Soekarno

Di bawah ini, ada lima buku yang ditulis oleh Soekarno yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibaca:

  1. Di Bawah Bendera Revolusi Jilid I

Buku ini berisi tulisan-tulisan dari Soekarno ketika dia masih muda dan aktif dalam politik nasional sebelum kemerdekaan. Buku “Di Bawah Bendera Revolusi Jilid I” atau yang sering disebut DBR Jilid I akan membantu Anda memahami bagaimana Soekarno menyebarkan pesan untuk mencapai kemerdekaan.

  1. Indonesia Menggugat

Saat dengan berani melawan penjajahan Belanda, Soekarno sering kali masuk dan keluar penjara. “Indonesia Menggugat” adalah buku yang ditulis oleh Presiden Soekarno saat dia sedang diadili atas tuduhan menyebarkan rasa benci terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

  1. Di Bawah Bendera Revolusi

Buku tersebut adalah sebuah karya besar yang mengumpulkan tulisan-tulisan Soekarno menjadi dua buku yang sangat penting. Buku ini mencerminkan pemikiran Soekarno tentang tiga konsep gerakan yang relevan pada masa sebelum kemerdekaan, yaitu Nasionalisme, Islamisme, dan Marxisme.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Dinilai Mirip Jokowi, Mengapa?

  1. Cerita Sarinah

CeritaSarinah mengisahkan tentang wanita yang merawat Soekarno ketika dia masih kecil. Kebaikan dan kesetiaan Sarinah diabadikan oleh Soekarno sebagai judul buku yang membahas isu-isu perempuan secara khusus.

Buku ini mengulas pemikiran Soekarno tentang perempuan, termasuk peran dan kodrat perempuan dalam perjuangan untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. Pancasila Sebagai Dasar Negara

Titik paling penting dalam sejarah terjadi saat Soekarno mengemukakan ide-ide utama dalam pertemuan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pertemuan ini, Soekarno membahas permintaan dari ketua BPUPKI, Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat, tentang dasar negara Indonesia.

Soekarno mengusulkan bahwa Pancasila harus menjadi dasar negara atau landasan filosofis untuk pendirian Indonesia yang merdeka.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *