Blog Post

Gerakan > Election > Rangkuman Singkat Karier Politik Ganjar Pranowo
Ganjar-Pranowo

Rangkuman Singkat Karier Politik Ganjar Pranowo

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo adalah mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode yang akan berkompetisi di ajang pesta demokrasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh Lembagai Survei Dunia asal Prancis, Ipsos Public Affair, merilis fakta bahwa elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD tertinggi. Posisisnya mengalahkan dua paslon lain, yaitu Prabowo-Gibran dan Anies-Amin.

Elektabilitas tinggi yang diperoleh Ganjar ini tak lepas dari perannya yang penting dalam memimpin Jateng dua periode. Ganjar adalah contoh pemimpin yang dianggap merakyat dan mampu adaptif dengan perkembangan teknologi. Ditambah dengan kehadiran Mahfud MD yang menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendampingnya membuat elektabilitasnya semakin kuat, dikarenakan kombinasi keduanya yang tegas dalam melawan Korupsi.

Sebelum menduduki kursi pimpinan Jawa Tengah, Ganjar sebelumnya menjalani karier politiknya di Senayan, duduk sebagai Anggota DPR RI dan pernah menduduki kursi MPR RI.

Perjalanan Politiknya

Awal mula karir politiknya dimulai adalah ketika ia menjadi anggota Komisi IV DPR RI periode 2004-2009. Komisi IV kala itu bekerja pada bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan.

Pada masa periode pertamanya duduk menjadi anggota Dewan, namanya sempat naik setelah menjadi pemberitaan pada dokumen kasusu aliran dana BI yang menccuat pada 2008. Ia diduga menerima gratifikasi atas kasus aliran dana BI, namun pada kasus tersebut, Ganjar tak terbukti bersalah atas tuduhan tersebut.

Baca Juga : 7 Konsep Pembangunan Indonesia Emas 2045 Ala Ganjar Pranowo

Pria berambut putih itu pun tercatat pernah menjadi ketua Pansus RUU tentang partai Politik di DPR RI pada tahun 2007-2009 dan Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI di tahun yang sama.

Setelah berakhir masa jabatan periode 2004-2009, Ganjar kembali mencalonkan diri sebagai DPR RI untuk Periode 2009-2013.Pada Pemilu Legislatif 2009, Alumni Fakultas Hukum UGM itu berhasil mendapatkan suara untuk menjadi anggota DPR kembali. Pada periode keduanya, Ganjar tercatat sebagai anggota Komite II DPR RI dan terpilih sebagai wakil ketua komite yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan dan Reformasi Agraria.

Ia tercatat pada periode keduanya sebagai Anggota Pansus Angket Bank Century DPR RI 2009-2010 dan Anggota Timwas Century DPR RI 2010-2013.

Ganjar mengalami kenaikan karier yang signifikan dengan menjabat sebagai anggota Badan Legislasi DPR RI serta Sekretaris Fraksi MPR dan DPR RI dari tahun 2004 hingga 2010. Sebelum menduduki posisi Gubernur Jawa Tengah, ia juga mengejar peran sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI antara tahun 2010 hingga 2013.

Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo Ketika Dilantik menjadi Gubernur Jateng
Ganjar Pranowo Ketika Dilantik menjadi Gubernur Jateng

Seiring berlalunya waktu, Ganjar Pranowo semakin dikenal luas oleh masyarakat. Pada tahun 2013, ia memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah, dan dia mewakili partai PDIP dalam kontestasi tersebut.

Ganjar memulai karir pencalonan sebagai Gubernur Jawa Tengah pada Pemilu tahun 2013. Berpasangan dengan Heru Sudjatmoko, Ganjar berhasil meraih kemenangan dengan perolehan suara yang mengungguli Bibit Waluyo dan Hadi Prabowo.

Baca Juga : Mengenal Budaya Unik Tota’an Merpati Dari Jember

Pada periode berikutnya, yaitu 2018-2023, Ganjar yang kali ini bermitra dengan Taj Yasin Maimoen berhasil memenangkan Pemilu Gubernur Jawa Tengah kembali, mengalahkan pesaingnya, Sudirman Said.

Bakal Calon Presiden

Ganjar Mahfud capres cawawpres
Ganjar Mahfud capres cawawpres

Memasuki akhir periode kedua kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara resmi dipilih oleh PDI-P sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang. Penunjukan ini ditegaskan oleh Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, pada Rapat DPP Partai PDI-P ke-140 yang berlangsung pada tanggal 21 April 2023.

Nama Ganjar sudah menjadi perbincangan luas dan dianggap akan diusung oleh PDI-P sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang. Singkat setelah Pengumuman PDI-P tentang penunjukan Ganjar sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga memutuskan untuk mengusung Ganjar sebagai bakal calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *