Blog Post

Gerakan > Election > Rambutnya khas Putih, Ganjar Juga Pernah Gundul?
Ganjar Gundul wujud empati penyintas kanker

Rambutnya khas Putih, Ganjar Juga Pernah Gundul?

Spread the love

Calon presiden Ganjar Pranowo selalu dikenal dengan ciri khasnya yaitu rambut putihnya yang selalu tampak mencolok dalam setiap kesempatan. Hampir dalam setiap acara yang dihadirinya, penampilan Ganjar Pranowo selalu menonjol.

Rambutnya yang berwarna putih bersih membedakannya dari pejabat-pejabat lain yang umumnya memiliki penampilan rapi dan berambut berwarna gelap. Rambut putih telah menjadi ciri khas yang melekat pada penampilan Ganjar.

Ia tampil dengan penuh keyakinan dengan gaya rambutnya yang berwarna uban. Tidak ada usaha untuk mengubahnya dengan pewarna rambut, dan ia juga tidak menyembunyikannya dengan penutup kepala, kecuali saat menghadiri acara yang mengharuskannya menggunakan topi atau peci.

Keberadaan uban di kepala Ganjar tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia semata. Bisa jadi, ini adalah hasil dari faktor genetik, karena ayah dan kakak-kakak Ganjar juga memiliki rambut putih.

Baca Juga : Potret Anak Ganjar Pranowo Berbagi Kepada Kaum Disabilitas

Ganjar juga dulu pernah mencuri perhatian publik dengan memamerkan rambutnya yang berubah menjadi hitam. Setelah pernyataan presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang ‘pemimpin rambut putih’ pada november tahun lalu.

Pada Acara Relawan Nusantara Bersatu yang berlangsung di Geloran Bung Karno pada sabtu (26/11/22), Jokowi pernah memberikan pernyataan tentang ciri-ciri pemimpin yang memikirikan rakyat, salah satunya yang rambutnya berwarna putih. Setelah pernyataan tersebut, Ganjar lalu mengupload foto dirinya yang merubah warna rambutnya menjadi hitam. Unggahan itu pun sontak membuat publik ramai membicarakannya.

Selain rambutnya yang aslinya berwarna putih, lalu Ganjar pernah mengunggah fotonya berambut hitam, ada satu gaya rambut Ganjar yang pernah ia pakai. Ganjar pernah tampil beda dengan kepala pelontos.

Ganjar jadi Gundul?

Ganjar Pranowo Gundul
Ganjar Pranowo Gundul dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, Foto/https://jatengprov.go.id/

Calon Presiden Ganjar Pranowo pernah tampil beda dengan kepala pelontos. Momen itu terjadi pada tahun 2022 lalu. Bukan hanya mengikuti tren, Ganjar dengan tulus mencukur seluruh rambut putihnya dalam rangka mendukung gerakan penggalangan dana untuk anak-anak yang selamat dari kanker.

Berkat dukungan yang diberikan oleh Ganjar, acara Berani Gundul yang digelar dalam peringatan Hari Kanker Anak Internasional 2022 di Mal Paragon Semarang pada Senin (28/02/2022) berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp280 juta. Ganjar menyatakan bahwa ia tertarik untuk mengikuti tantangan Berani Gundul sebagai tanda empati dan solidaritas terhadap anak-anak yang telah mengatasi kanker.

“Kalau rambut itu kan bisa tumbuh lagi, mau dipotong kaya apapun kan bisa tumbuh lagi. Tapi membangun empati solidaritas menurut saya penting,” ujarnya.

Aksi cukur gundul tersebut Ganjar lakukan di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Semarang, pada hari Senin (28/02/2022). Setelah menjalani proses pencukuran, Ganjar bergabung secara virtual dalam acara “Berani Gundul” yang diselenggarakan di Mal Paragon Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga : 7 Konsep Pembangunan Indonesia Emas 2045 Ala Ganjar Pranowo

Ganjar mengungkapkan bahwa ia sudah familiar dengan Hari Kanker Anak Sedunia, karena sejak tahun 2019, ia telah aktif berpartisipasi dalam peringatan tersebut, meskipun pada saat itu tidak mencukur rambutnya sepenuhnya, hanya memotong sedikit bagian rambutnya sebagai tindakan simbolis.

“Solidaritas gaya anak-anak muda itu menurut saya keren, membangun empati dengan berani gundul kemudian memberikan donasi,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai penampilan baru dengan rambut yang telah dicukur, Ganjar mengungkapkan bahwa ia merasa lebih enteng dan nyaman.

“Isis (sejuk),” jawab Ganjar singkat.

Sebagai informasi, Hari Kanker Anak Sedunia secara rutin dirayakan setiap tanggal 15 Februari. Hari Kanker Anak Sedunia adalah sebuah gerakan global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker, memberikan dukungan kepada anak-anak dan remaja yang mengidap kanker, para penyintas, serta keluarga para penyintas kanker.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *