Blog Post

Gerakan > Election > Profil Sandiaga Uno, Menparekraf yang Kini Jadi Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud
Profil Sandiaga Uno, Menparekraf yang Kini Jadi Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud

Profil Sandiaga Uno, Menparekraf yang Kini Jadi Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud

Spread the love

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI telah diumumkan secara resmi sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Pengumuman ini dilakukan setelah rapat panjang antara para ketua partai pengusung di kantor TPN, Jakarta pada Rabu (25/10).

Ketua TPN, Arsjad Rasjid, mengonfirmasi peran Sandiaga Uno sebagai Ketua Dewan Pakar, sambil menekankan bahwa Sandiaga akan tetap terlibat aktif di lapangan untuk meraih dukungan. Rasjid menyatakan,

“Beliau akan turun dan menggabungkan seluruh relawan yang ada untuk bersama-sama berjuang di bawah TPN.” Ujar Arsjad

Dalam konteks ini, Juru Bicara Sandiaga Uno, Denny H. Suryo Prabowo, mengungkapkan bahwa Sandiaga nantinya akan mengambil cuti setelah menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud.

Meskipun belum ada kepastian kapan cuti akan diajukan, pihaknya menegaskan bahwa Sandiaga saat ini masih menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Muhammad Romahurmuziy, Ketua Majelis Pertimbangan PPP, juga memberikan pandangannya terkait keputusan Sandiaga bergabung dengan TPN Ganjar-Mahfud.

Menurut Romahurmuziy, partisipasi Sandiaga dalam TPN merupakan bentuk totalitasnya untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud. Dia menambahkan bahwa kemampuan Sandiaga di sektor ekonomi akan memberikan kontribusi signifikan dalam kampanye mereka.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri China Li Keqiang Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

Profil Sandiaga Uno, Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud

Sandiaga Uno, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, memiliki perjalanan karier yang cemerlang. Ia lahir di Rumbai, Pekanbaru, pada 28 Juni 1969, dan merupakan anak kedua dari Razif Halik Uno dan Mein R Uno. Ayahnya bekerja di perusahaan Caltex Riau sebelum pindah ke Jakarta pada tahun 1970.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Wichita State University di Kansas, Amerika Serikat, dengan predikat cum laude, Sandiaga Uno memulai karirnya di dunia perbankan.

Prestasinya membawanya mendapatkan beasiswa untuk mendapatkan gelar Master of Business Administration di George Washington University. Setelah lulus dengan IPK sempurna, ia bekerja di perusahaan investasi, termasuk Seapower Asia Investment Limited di Singapura dan NTI Resources Ltd di Kanada.

Pada tahun 1997, Suami dari Nurasia Uno tersebut mendirikan perusahaannya sendiri, PT Recapital Advisors, yang bergerak di bidang jasa keuangan. Bersama dengan Edwin Soeryadjaya, ia mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya pada tahun 1998.

Perjalanan politiknya dimulai pada tahun 2017 ketika ia menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Selama masa kepemimpinannya, Sandi aktif menginisiasi program kewirausahaan untuk membantu masyarakat.

Pada 23 Desember 2020, Sandiaga Uno diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang menandai langkah pentingnya dalam memberikan sumbangsih bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain tugas-tugasnya sebagai Menteri, Sandiaga juga menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP dan saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden 2024.

Melalui perjalanan karir dan kiprah politiknya, Sandiaga Uno telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Latar belakangnya yang kuat di bidang keuangan dan investasi, Sandiaga Uno diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan ekonomi dan pariwisata Indonesia, sambil terus mengadvokasi program-program kewirausahaan yang inklusif untuk masyarakat luas.

Baca Juga: KSAL: Tidak Tercapainya MEF TNI AL Disebabkan Oleh Masalah Anggaran

Dengan profil yang mencakup pengalaman politik dan ekonomi yang kaya, Sandiaga Uno saat ini memainkan peran penting dalam upaya tim pemenangan nasional, memberikan penekanan pada isu ekonomi dan strategi politik untuk pasangan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *