Blog Post

Gerakan > News > Prabu Revolusi Resmi Sebagai Deputi Komunikasi 360 TPN Ganjar-Mahfud
prabu revolusi

Prabu Revolusi Resmi Sebagai Deputi Komunikasi 360 TPN Ganjar-Mahfud

Spread the love

Pengumuman resmi datang dari Arsjad Rasjid, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, yang mengonfirmasi penunjukan Prabu Revolusi, seorang jurnalis televisi senior, sebagai Deputi Komunikasi 360 TPN Ganjar-Mahfud.

Siapakah Prabu Revolusi

Prabu Revolusi, lahir di Bandung pada tanggal 16 Juni 1980, telah dikenal sebagai seorang wartawan dan pembawa berita. Dalam masa remajanya, Prabu dikenal sebagai seorang pemuda yang penuh semangat, meskipun pernah terlibat dalam berbagai kontroversi, bahkan sampai berhadapan dengan hukum.

Namun, kecerdasan akademis Prabu yang luar biasa telah terbukti ketika ia menerima beasiswa pendidikan. Kehidupannya mengalami perubahan signifikan ketika keluarganya menghadapi kesulitan ekonomi yang tak terduga. Untuk mengatasi situasi ini, Prabu terpaksa bekerja keras untuk mendukung keluarganya, membiayai pendidikan adiknya, dan melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan, Prabu pernah bekerja sebagai tukang koran.

Pendidikan Prabu Revolusi sangat mengesankan. Dia meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi dan Media dari Universitas Sahid Jakarta pada tahun 2022.

prabu revolusi dosen

Sebelumnya, dia menyelesaikan gelar Magister Sains dalam Studi Komunikasi dan Media di Universitas Paramadina pada periode 2015-2017. Selain itu, Prabu juga meraih gelar Sarjana Teknik dalam Fisika Terapan dari ITB pada tahun 1998-2005. Prestasinya selama kuliah mendapat pengakuan dari Rektor ITB saat itu, Kusmayanto Kadiman.

Selain latar belakang pendidikannya yang kuat, Prabu Revolusi memiliki pengalaman kerja yang luas. Setelah menyelesaikan pendidikan, ia bekerja dalam industri minyak selama empat tahun, tetapi kemudian merasa terpanggil untuk berkarier di dunia penyiaran. Ia pernah menjadi Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada periode 2020-2021.

Minatnya terhadap dunia penyiaran mengubahnya dari seorang individu yang pendiam menjadi seorang presenter yang mahir berbicara di depan kamera. Prabu akhirnya memutuskan untuk mengejar karier dalam dunia penyiaran.

Pada tanggal 26 November 2011, Prabu menikah dengan seorang aktris muda bernama Zee Zee Sahab. Ini merupakan pernikahan keduanya, dan dari pernikahan sebelumnya, Prabu memiliki seorang anak bernama Kaisar.

Karier Prabu Revolusi

Sebelum bergabung dengan RTV, pada tahun 2008, Prabu Revolusi bekerja di Metro TV, di mana ia menjadi pembawa acara program-program seperti Metro Pagi, Editorial Media Indonesia, dan Indonesia This Morning.

Kariernya terus menanjak, dan ia akhirnya menjadi penyiar berita di acara pagi “8-11 Show.” Prabu adalah alumni ITB dan berhasil menyelesaikan gelar Magister Komunikasi Politik dengan predikat magna cum laude di Universitas Paramadina. Dalam tesisnya, ia meneliti pengaruh tayangan politik hiburan, yang dikenal sebagai politictainment, terhadap persepsi dan kesadaran politik masyarakat.

Pada tahun 2022, Prabu berhasil menyelesaikan studi Doktoral dalam bidang Komunikasi Media Baru dengan predikat cum laude dari Pasca Sarjana Universitas Sahid Jakarta. Fokus penelitiannya adalah tentang Mediamorfosis, yaitu perubahan evolusi media.

Sebelumnya, Prabu juga pernah bekerja di Trans TV dalam acara Reportase dan bahkan menulis sebuah buku berjudul “Secangkir Kopi Inspirasi.” Pada tanggal 3 Mei 2014, ia bersama Mehulika Sitepu menjadi penyiar berita utama dalam acara Lensa Indonesia Pagi di RTV dan juga bertanggung jawab sebagai produser eksekutif.

Prabu meraih nominasi Presenter Berita Favorit dalam Panasonic Gobel Award tahun 2012 dan Presenter Berita Terbaik dalam KPI Award tahun 2016.

Mulai dari tanggal 17 Agustus 2015 hingga 31 Desember 2019, Prabu, yang sebelumnya bekerja di Metro TV dan RTV, bergabung dengan CNN Indonesia sebagai Senior News Anchor dan Head of Anchors bersama dengan Daniar Achri dan lainnya.

Di sana, ia memandu program “CNN Indonesia Good Morning” di Trans TV, yang merupakan tempatnya bekerja sebelumnya di Trans TV ketika ia bergabung dengan Reportase. Prabu adalah suami dari aktris Zee Zee Shahab dan juga mengajar Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina.

Dari tanggal 10 November 2020 hingga awal tahun 2021, ia menjadi Juru Bicara dan Staf Khusus di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Kemudian, pada awal tahun 2021, ia menjabat sebagai Vice President Business Development and Corporate Secretary di MNC Media, kemudian menjadi Deputy News Director untuk perusahaan yang sama.

Pada tanggal 8 Juli 2021, ia kembali menjadi penyiar berita dengan mengisi program berita “Seputar iNews Siang” di RCTI. Pada tanggal 24 November 2021, ia juga mengambil peran sebagai Chief Operating Officer di BuddyKu, sebuah aplikasi yang berada di bawah naungan MNC Media yang menggabungkan media sosial dengan platform berbagi berita dan konten.

Pada tanggal 11 Desember 2021, ia juga memandu program wicara yang diberi nama sesuai dengan namanya sendiri di MNC News, yaitu “Konspirasi Prabu.”

Saat ini, Prabu Revolusi menjabat sebagai Managing Director dan Chief News Officer di iNews Media Group, di mana ia bertanggung jawab atas redaksi, produk, dan teknologi untuk semua platform berita di MNC Group.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *