Blog Post

Gerakan > Internasional > Perang Gaza, AS dan Israel Bikin Gerah Dunia
Ganjar Dukung Palestina

Perang Gaza, AS dan Israel Bikin Gerah Dunia

Spread the love

Pertempuran antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza memasuki pekan kelima pada Senin (6/11/2023). Pertempuran yang dimulai pada 7 Oktober 2023 itu telah menewaskan lebih dari 10.000 orang, sebagian besar warga sipil.

Gaza Terbelah Dua

Pasukan Israel pada Minggu (5/11/2023) mengatakan serangan daratnya di Jalur Gaza telah membagi wilayah Palestina menjadi dua, dan serangan “signifikan” terus berlanjut dalam perang melawan Hamas.

“Pasukan Israel telah mengepung Kota Gaza… Sekarang terdapat Gaza selatan dan utara,” kata juru bicara militer Israel Daniel Hagari.

Pemerintah Hamas melaporkan “pengeboman hebat” pada Minggu malam di sekitar beberapa rumah sakit di utara Jalur Gaza, tak lama setelah telekomunikasi terputus untuk ketiga kalinya.

AS Lobi Irak

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan kunjungan mendadak pada Minggu ke Baghdad di mana ia bertemu dengan Perdana Menteri Mohamed Shia al-Sudani untuk membahas risiko eskalasi perang Israel dengan Hamas.

Kunjungan tersebut terjadi di tengah serangan roket dan pesawat tak berawak yang menargetkan pangkalan Irak di mana pasukan Amerika dikerahkan.

Israel Ancam Pakai Nuklir

Pemerintah Israel pada hari Minggu menegur seorang menteri muda ultranasionalis yang dalam sebuah wawancara menganjurkan menjatuhkan bom nuklir di Gaza yang dilanda perang, dan menyebut komentarnya “tidak sesuai dengan kenyataan”.

Menteri Warisan Budaya Amichay Eliyahu juga diskors dari pertemuan pemerintah “sampai pemberitahuan lebih lanjut”, kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menekankan bahwa Israel berusaha untuk menyelamatkan “non-kombatan”.

Perang di Jalur Gaza

Perang Meluas ke Lebanon

Empat kerabat seorang jurnalis tewas pada Minggu dalam serangan Israel di Lebanon selatan, kata kantor berita resmi Lebanon, dan menambahkan bahwa jurnalis tersebut juga terluka.

Tak lama setelah itu, gerakan Hizbullah yang kuat di Lebanon mengatakan pihaknya menembakkan roket Katyusha ke kota Kiryat Shmona di Israel utara sebagai tanggapan atas “kejahatan keji” ini.

Militer Israel mengatakan pada Minggu malam bahwa satu warga sipil tewas dalam serangan Hizbullah.

Evakuasi Gaza Terhenti

Pemerintah Hamas menghentikan evakuasi pemegang paspor asing ke Mesir untuk hari kedua berturut-turut pada Minggu setelah Israel menolak mengizinkan beberapa warga Palestina yang terluka untuk dievakuasi, kata para pejabat Mesir dan Palestina.

Gedung Putih mengatakan pada Minggu lebih dari 300 orang Amerika, penduduk Amerika, dan keluarga mereka telah dievakuasi dari Gaza pada hari-hari sebelumnya.

Tanggapan Dunia

Perang Israel-Hamas telah menuai kecaman dari dunia internasional. Dewan Keamanan PBB telah menggelar beberapa pertemuan untuk membahas perang tersebut, tetapi belum ada kesepakatan untuk menghentikannya.

PBB mengatakan bahwa perang tersebut telah menyebabkan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza, dengan jutaan orang membutuhkan bantuan.

Perang Israel-Hamas menunjukkan tidak adanya solusi jangka panjang untuk konflik Israel-Palestina. Perang tersebut telah menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan infrastruktur, dan tidak ada tanda-tanda bahwa perang akan segera berakhir.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *