Blog Post

Gerakan > Nasional > Peran Muhammadiyah Dalam Dunia Pendidikan
Pendidikan Dasar di Muhammadiyah

Peran Muhammadiyah Dalam Dunia Pendidikan

Spread the love

Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang sangat berkomitmen terhadap dakwah, pendidikan, pelayanan kesehatan, dan kegiatan amal lainnya, serta memiliki kehadiran dalam ranah politik.

Sebagai sebuah gerakan tajdid, Muhammadiyah berperan sebagai agen reformasi dan mendorong perubahan positif dalam berbagai sektor, terutama dalam bidang pendidikan. Gerakan tajdid ini memiliki tujuan untuk merancang strategi dan menemukan solusi bagi tantangan sosial yang dihadapi pada masa kini.

Tajdid adalah istilah Arab yang merujuk pada penyegaran dan penyempurnaan dalam ajaran Islam, dengan upaya memurnikannya dari unsur-unsur takhayul, bid’ah, dan khurafat.

Muhammadiyah, sebagai organisasi Islam yang berpengaruh di Indonesia, memiliki peran sentral, terutama dalam sektor pendidikan. Pendirinya, KH Ahmad Dahlan, diakui sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Muhammadiyah bekerja secara sinergis dengan organisasi lain seperti Nahdlatul Ulama (NU) demi kemajuan bangsa, dengan kolaborasi yang saling melengkapi daripada bersaing.

Baca Juga :  5 Manfaat Memahami Literasi Digital, Nomor 2 dan 3 Jangan Terlewat

Muhammadiyah, sebagai organisasi yang memiliki visi dan misi yang jelas, mengarahkan usahanya menuju pencapaian tujuan bersama. Sebagai sebuah gerakan, Muhammadiyah aktif di berbagai aspek kehidupan masyarakat di Indonesia, sesuai dengan Anggaran Dasarnya yang mencakup kegiatan dakwah, pemulihan nilai moral, reformasi, dan beragam inisiatif di berbagai bidang.

Organisasi ini mewujudkan misi tersebut melalui beragam program dan inisiatif yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga, dengan tujuan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam praktek sehari-hari.

Muhammadiyah mengembangkan sistem pendidikan yang menggabungkan pendekatan sekolah umum dengan madrasah/pesantren. Untuk mewujudkan konsep ini, Muhammadiyah mendirikan berbagai jenis lembaga pendidikan, termasuk sekolah umum yang memasukkan pendidikan agama, madrasah/pesantren yang mengajarkan ilmu pengetahuan modern, dan perguruan tinggi.

Pendiri Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan, memulai upaya pengembangan sistem pendidikan Islam modern untuk mengatasi dualisme dalam sistem pendidikan di masa penjajahan kolonial Indonesia. Muhammadiyah, sebagai gerakan dakwah Islam, menggunakan pendidikan sebagai alat untuk menyampaikan pesan dakwah dan memasukkan nilai-nilai Islam ke dalam pendidikan.

Pendiri Muhammadiyah, KH.Ahmad Dahlan
Pendiri Muhammadiyah, KH.Ahmad Dahlan

Salah satu tanda pengenal unik dari sistem pendidikan Muhammadiyah yang tetap dilestarikan hingga sekarang adalah mata pelajaran AIK (al-Islam kemuhammadiyahan) yang diajarkan di seluruh lembaga pendidikan mereka. Hal ini bertujuan untuk menegaskan bahwa nilai-nilai Islam menjadi dasar bagi setiap tindakan dan keputusan yang diambil.

Peran Muhammadiyah Dalam Pembangunan Indonesia

Muhammadiyah telah memainkan peran yang signifikan dalam pembangunan Indonesia, yang diakui oleh pemerintah sejak tahun 1961 ketika K.H. Ahmad Dahlan diangkat sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Soekarno. Pengangkatan ini merupakan pengakuan atas peran Muhammadiyah dalam memimpin perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Presiden Soekarno Nomor 657 tahun 1961.

Baca Juga : Mengenal SMA BOPKRI 1, Sekolah Ganjar Pranowo Capres 2024 Semasa di Jogja

Pemerintah menganggap Muhammadiyah sebagai pelopor dalam membangkitkan kesadaran umat Islam Indonesia untuk belajar dan berkontribusi dalam memajukan negara. Muhammadiyah telah lama diakui oleh semua pihak, termasuk pemerintah sejak era presiden Soekarno pada tahun 1961 ketika K.H. Ahmad Dahlan diangkat sebagai pahlawan nasional. Pengangkatan ini merupakan pengakuan terhadap peran Muhammadiyah dalam pembangunan Indonesia, seperti yang tercatat dalam Surat Keputusan Presiden Soekarno Nomor 657 tahun 1961.

Pemerintah menghargai Muhammadiyah sebagai penggerak utama dalam kesadaran dan kemajuan umat Islam Indonesia, dengan fokus pada pendidikan, kemajuan, dan pelayanan sosial. Muhammadiyah menjalankan berbagai jenis pendidikan, mulai dari tingkat awal hingga perguruan tinggi, sebagai salah satu bentuk dari Amal Usaha Persyarikatan yang diorganisir secara formal.

Sekolah Muhammadiyah mencerminkan visi pendidikan Islam yang kokoh dan terpadu, sesuai dengan cita-cita pendirinya. Guru dan siswa hidup dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam, baik di dalam maupun di luar sekolah. Keunikan Sekolah Muhammadiyah terletak pada pendalaman dan cakupan pendidikan agama Islam, yang mencakup tauhid, ibadah, akhlak, ilmu pengetahuan Islam, dan pemahaman kemuhammadiyahan.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *