Blog Post

Gerakan > Lifestyle > Peran Media Sosial Untuk Ganjar Pranowo

Peran Media Sosial Untuk Ganjar Pranowo

Spread the love

 

Ganjar Pranowo merupakan tokoh yang mengintegrasikan penggunaan media sosial, jadikan teknologi era globalisasi menjadi alat membantu masyarakat. 

 

Di era globalisasi yang penuh dengan kemajuan teknologi, peranan media sosial dalam kehidupan masyarakat semakin signifikan.

Pada saat itu, Ganjar sudah memiliki prestasi dalam membantu masyarakat dari penggunaan media sosial. Dari bisnis hingga pelayanan masyarakat, Mantan Gubernur Jateng ini mahir memanfaatkan kemajuan teknologi era globalisasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Mari kita lihat dari awal menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

 

Awal Karir dan Perjuangan Politik Ganjar Pranowo

 

Ganjar Pranowo memulai karir politiknya dengan bergabung di partai PDI Perjuangan. Awalnya, beliau tidak langsung mendapat tempat di hati masyarakat. 

 

Namun, dengan semangat juang tinggi, beliau berhasil membangun reputasi di dunia politik. Beliau sempat menjabat sebagai anggota DPR RI menggantikan Jakob Tobing dan berkontribusi di Komisi V, yang berfokus pada Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan.

Baca Juga: Demi Ganjar Pranowo, Relawan ini Rilis Lagu

Dalam perjalanan karirnya, Ganjar Pranowo diusung oleh partai PDIP sebagai calon Gubernur Jawa Tengah, pertama kali berpasangan dengan Heru Sudjatmoko dan kemudian dengan Taj Yasin di periode kedua. Kepemimpinannya ditandai dengan ide-ide kreatif dan komunikasi efektif, dimana beliau menganggap komunikasi sederhana sangat penting di era modern.

 

Pemanfaatan Media Sosial dalam Kepemimpinan

 

Salah satu kunci sukses Ganjar Pranowo adalah pemanfaatan media sosial. Beliau aktif di platform seperti Instagram dan Twitter, tidak hanya untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, tetapi juga untuk memberikan edukasi, terutama kepada warga di daerah pedesaan. Ini mencerminkan pemahaman beliau tentang pentingnya media sosial dalam membangun hubungan dengan konstituen dan membentuk diskusi politik.

 

Ganjar Pranowo membalas aduan masyarakat dengan bahasa yang sopan dan merakyat, menggunakan kombinasi bahasa Jawa dan Indonesia. 

 

Hal ini tidak hanya memperkuat citranya sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat, tetapi juga sebagai pelestari budaya. Media sosial menjadi alat efektif bagi beliau untuk kampanye, interaksi, promosi, dan aktivitas politik lainnya.

 

Lapak Ganjar, Program Membantu UMKM Melalui Media Sosial

 

Dirinya pernah menginisiasi program “Lapak Ganjar” dengan tujuan memberikan dukungan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. 

 

Program ini bertujuan untuk membantu UMKM meningkatkan perkembangannya dengan memanfaatkan teknologi pemasaran digital, seperti Instagram, khususnya fitur cerita dan berbagi foto. 

Baca Juga: Mahfud MD Kenalkan Program Guru Ngaji Unggulan di Aceh

Awalnya, program ini hanya beroperasi di Jawa Tengah. Dekat dengan wilayah di mana Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, tetapi kemudian diperluas ke wilayah-wilayah lainnya. Ide program ini muncul dari kesadaran Ganjar akan potensi media sosial pribadinya yang memiliki jutaan pengiku yang dapat digunakan untuk mempromosikan UMKM. 

 

Selain itu, program Lapak Ganjar juga memberikan bantuan selama krisis UMKM yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada tahun 2020-2021, membantu UMKM mempromosikan produk mereka melalui media digital dan melaporkan peningkatan omset serta pesanan setelah mengikuti program ini.

 

Itulah peran media sosial untuk Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo, yang siap menghadapi era globalisasi dengan memanfaatkan teknologi-teknologinya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *