Blog Post

Gerakan > Daerah > Pentingnya Perkembangan Ekonomi Maritim, Kenali Alasannya

Pentingnya Perkembangan Ekonomi Maritim, Kenali Alasannya

Spread the love

Ganjar Pranowo, kandidat presiden Indonesia untuk tahun 2024, menyoroti pentingnya memajukan ekonomi laut (biru), ekologi (hijau), dan digital sebagai fondasi ekonomi baru untuk membuka pasar dan peluang, yang akan membantu pertumbuhan ekonomi negara.

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sebuah diskusi dengan 100 ekonom pada tahun 2023 di Jakarta, pada hari Rabu, 8 November 2023.

Ganjar menjelaskan, “Ekonomi baru ini bertujuan untuk membuka pasar dan peluang baru, yang meliputi ekonomi hijau, biru, dan digital.”

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa 77% wilayah Indonesia terdiri dari laut dan perairan. Namun, pada tahun 2021, sektor maritim hanya menyumbang 7,6% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Menurut Ganjar, masih banyak potensi di sektor maritim yang belum dimanfaatkan sepenuhnya. Potensi ini bisa dikembangkan untuk meningkatkan kontribusi sektor tersebut terhadap ekonomi nasional.

Untuk memahami potensi maritim Indonesia, penting untuk mengetahui alasan-alasan mengapa sektor ini perlu dikembangkan. Berikut adalah beberapa contohnya.

 1. Memanfaatkan Kekayaan Laut Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki lautan yang membentuk sekitar 77% dari keseluruhan wilayahnya.

Ganjar Pranowo, kandidat presiden Indonesia, menyoroti bahwa wilayah laut yang luas ini adalah aset yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Pada 2021, kontribusi sektor maritim terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hanya sekitar 7,6%, menandakan adanya peluang yang belum tergali di bidang seperti perikanan, pariwisata laut, serta transportasi dan logistik maritim.

Baca Juga: Ganjar Akan Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif

 2. Memacu Diversifikasi Ekonomi

Pengembangan ekonomi maritim berperan dalam diversifikasi struktur ekonomi Indonesia, mengurangi ketergantungan pada sektor tertentu seperti minyak, gas, atau pertanian.

Sektor maritim menawarkan kesempatan di berbagai bidang seperti perikanan berkelanjutan, akuakultur, dan penggunaan energi terbarukan (angin dan surya) di laut.

Diversifikasi ini dapat meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia terhadap dinamika global.

 

3. Menciptakan Lapangan Kerja dan Meningkatkan Ekonomi

Pengembangan ekonomi maritim membuka kesempatan besar dalam penciptaan lapangan kerja, khususnya di wilayah pesisir dan kepulauan.

Sektor ini meliputi tidak hanya perikanan dan transportasi laut, tetapi juga industri terkait seperti pembuatan kapal, pariwisata, dan konservasi laut.

Optimisasi sektor maritim dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Kesadaran Lingkungan dan Keberlanjutan

Dalam platform Ganjar-Mahfud, terdapat penekanan pada pengembangan ekonomi maritim yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Hal ini mencakup manajemen sumber daya laut yang bertanggung jawab, pencegahan polusi laut, dan perlindungan ekosistem laut.

Dengan menerapkan ekonomi maritim hijau, Indonesia dapat meningkatkan ekonominya sekaligus menjaga keseimbangan ekologis, yang esensial untuk masa depan bumi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *