Blog Post

Gerakan > Nasional > Pentingnya Bela Negara Demi Keberlangsungan Bangsa
Ilustrasi Pemuda Memegang Bendera Indonesia

Pentingnya Bela Negara Demi Keberlangsungan Bangsa

Spread the love

Menurut hukum di Indonesia, tepatnya Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) No.56 Tahun 1999 tentang Rakyat Terlatih, Bela Negara adalah sikap dan tindakan positif yang dimiliki oleh setiap warga negara. Sikap ini muncul dari cinta mereka terhadap Indonesia yang didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Bela Negara mengacu pada upaya menjaga kelangsungan hidup negara dan rakyat dari berbagai ancaman yang bisa membahayakan kedaulatan, wilayah, dan keamanan negara. Ini mencakup menghormati hukum, ikut serta dalam pertahanan negara, dan bersedia berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Baca Juga : Mengenal Prinsip Pluralisme yang Dianut Gus Dur

Bela Negara tidak hanya terbatas pada urusan militer, melainkan juga mencakup aspek sosial, ekonomi, dan politik. Setiap warga negara harus memiliki rasa cinta kepada tanah air, peduli terhadap lingkungan, memiliki disiplin, bertanggung jawab, dan menyadari pentingnya terlibat dalam pembangunan dan perlindungan negara.

Di Indonesia, Bela Negara didasarkan pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Nilai-nilai penting dalam Bela Negara meliputi cinta tanah air, kesadaran sebagai warga negara, kesetiaan kepada Pancasila, dan kesiapan berkorban demi negara. Pemahaman ini diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan negara.

Baca Juga : 5 Faktor Mengapa SDM di Indonesia Kurang Optimal

Bela Negara juga bertujuan untuk memupuk persatuan, semangat tidak menyerah, dan gotong royong dalam menjaga kesatuan negara Indonesia. Generasi muda memegang peran penting dalam hal ini, karena pemahaman mereka tentang Bela Negara akan membantu memastikan keamanan negara jangka panjang.

Pemahaman ini juga bisa memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda, mendorong mereka untuk berperan positif bagi negara dan masyarakat.

Selain itu, Bela Negara juga bertujuan untuk memastikan negara siap menghadapi ancaman dari dalam dan luar, serta membangun solidaritas antarwarga dan antargenerasi. Tujuan akhirnya adalah memastikan kesejahteraan, keamanan, eksistensi dan kedaulatan negara di masa depan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *