Blog Post

Gerakan > Daerah > Penegakan Hukum Oleh Pemuda, Pesan dari Mahfud MD

Penegakan Hukum Oleh Pemuda, Pesan dari Mahfud MD

Spread the love

Mahfud MD, calon wakil presiden yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo, berbagi pandangan tentang penegakan hukum di Universitas Pancasila.

Pada hari Kamis, 9 November, setelah menghadiri dua acara, Mahfud MD berkunjung ke Universitas Pancasila. Di sana, ia disambut oleh para mahasiswa, dosen, pemimpin universitas, dan anggota yayasan.

Melalui postingan di Instagram, Mahfud menginformasikan bahwa ia datang untuk memberikan orasi ilmiah dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-57 dan Wisuda Universitas Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud, yang merupakan calon wakil presiden bersama Ganjar Pranowo, menyampaikan pesan penting kepada para wisudawan.

Ia menekankan perlunya memperjuangkan keadilan dan penegakan hukum sebagai pondasi masa depan Indonesia. Mahfud mengingatkan bahwa kehancuran negara dapat terjadi jika hukum tidak diberlakukan dengan adil, dengan menyoroti adanya kolusi dan korupsi dalam sistem hukum.

Baca Juga: https://gerakan.id/mahfud-keadilan-dalam-mewujudkan-supremasi-hukum/

Menurutnya, hukum adalah manifestasi dari kesadaran moral yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa ketidakmampuan negara dan para pejabatnya dalam menjalankan tugas dengan baik merupakan pengkhianatan terhadap bangsa dan negara.

Mahfud juga menyinggung tentang peran masyarakat dalam mendukung penegakan hukum di Indonesia.

5 Cara Berkontribusi Penegakan Hukum

Mahfud MD, yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, baru-baru ini menyoroti kontribusi vital yang dapat diberikan oleh pemuda dalam upaya penegakan hukum di Indonesia.

Dalam penekanannya, Mahfud MD menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat, terutama pemuda, dalam menghadirkan masa depan Indonesia yang lebih adil melalui penegakan hukum. Berikut adalah lima cara yang dia sarankan:

Meningkatkan Kesadaran dan Pendidikan:

Mahfud menekankan perlunya pendidikan hukum untuk pemuda. Pemahaman tentang hukum dan hak-hak sipil penting agar mereka dapat berkontribusi aktif dalam penegakan hukum, serta menyebarkan kesadaran tersebut di masyarakat.

Keterlibatan dalam Pengawasan Publik

Pemuda diharapkan berpartisipasi aktif dalam mengawasi praktik hukum dan keadilan di negara ini, termasuk pengawasan terhadap pemerintah dan lembaga hukum serta melaporkan pelanggaran hukum yang mereka temui.

Aktivisme dan Advokasi

Mahfud mendorong pemuda untuk menjadi aktivis atau advokat dalam hal-hal yang berkaitan dengan hukum dan keadilan sosial. Ini bisa meliputi penyuluhan hukum, keterlibatan dalam organisasi hukum, atau penggunaan media sosial untuk menyuarakan isu hukum.

Menerapkan Hukum dalam Kehidupan Sehari-hari

Menurut Mahfud, penegakan hukum tidak hanya berlangsung di pengadilan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Pemuda harus menjadi contoh dengan mematuhi hukum dalam segala aspek, termasuk mengikuti aturan lalu lintas dan norma sosial.

Berpartisipasi dalam Diskusi dan Reformasi

Pemuda juga didorong untuk terlibat dalam diskusi tentang hukum dan reformasi hukum. Dengan memberikan ide-ide dan perspektif baru, mereka dapat membantu membentuk sistem hukum yang lebih adil dan efektif.

Dengan mengikuti lima cara ini, pemuda Indonesia diharapkan dapat berperan aktif dalam memperkuat penegakan hukum di negara ini, tidak hanya memperkokoh struktur hukum nasional tetapi juga mendorong penciptaan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *