Blog Post

Gerakan > Daerah > Pendukung Ganjar di Kalimantan Timur
Ganjar Pranowo

Pendukung Ganjar di Kalimantan Timur

Spread the love

Ganjar Pranowo Dapat Banyak Dukungan dari Berbagai Golongan Masyarakat di Kalimantan Timur

Berbagai golongan masyarakat di Kalimantan Timur menunjukan dukungan mereka untuk Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

Yuk simak bentuk-bentuk dukungan tersebut.

Kelompok Ulama

Ratusan ulama yang tergabung dalam Ijtima Ulama Kalimantan Timur (Kaltim) mendukung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Deklarasi dukungan tersebut disampaikan para ulama pada Oktober 2023 di sebuah hotel, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Ratusan ulama, kyai, habib, ustadz, dan cendekiawan muslim menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo yang dinilai cocok menggantikan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia pada 2024.

Dr KH Ahmad Rosyidi mengatakan, Ganjar Pranowo merupakan sosok paling cocok untuk mengemban estafet kepemimpinan bangsa.

Ia juga menyampaikan, para Ulama Kaltim juga memuji Ganjar Pranowo sebagai pemimpin visioner yang memiliki pandangan jangka panjang dalam pernyataan dukungannya. Hal ini terlihat dari masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah yang berhasil mendorong kemajuan provinsi.

Dr KH Ahmad Rosyidi berharap Ganjar terus menunjukkan sifat-sifat positif sehingga semakin menambah kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan Ganjar untuk maju dan memajukan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud adalah Sosok Tepat Bagi Indonesia

Kalangan Milenial

Kemudian, ada golongan muda yang ikut mendukung Ganjar Pranowo dalam kontrestasi pilpres 2024. Banyak dari mereka tergabung dalam kelompok relawan yang bernama Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Timur.

Tidak hanya dalam mendukung Ganjar, relawan GMC Kaltim juga memiliki kepedulian dalam upaya menyejahterakan masyarakat. Ini dibuktikan dari kegiatan yang pernah dilakukan oleh GMC Kaltim pada 19/08/2023, yaitu memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat Desa Bente Tualan, Kalimantan Timur.

Korwil GMC Kaltim Sadly Jaya M mengatakan, kegiatan yang dilangsungkan oleh pihaknya disebabkan oleh air yang tercemar di lingkungan Desa Bente Tualan, sehingga tidak bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Pihak GMC Kaltim juga tak sekadar memberikan bantuan tandon air bersih bagi warga Desa Bente Tualan, namun juga menggelar pelatihan membuat filterisasi air untuk digunakan masyarakat setempat.

Dia berharap dengan adanya bantuan tandon air serta pelatihan membuat filterisasi ini bisa memberikan dampak positif bagi warga Desa Bente Tualan, terutama untuk mendapatkan air bersih.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh GMC Kaltim kepada warga Desa Bente Tualan menjadi butkti bahwa Ganjar Pranowo hadir untuk semua.

Baca Juga: Ganjar Dulu Dicaci, Kini Dipuji Bela Palestina

Golongan Wanita

Golongan wanita-wanita pendukung Ganjar Pranowo juga termasuk dalam suatu kelompok relawan, kelompok relawan tersebut ialah Srikandi Ganjar. Mirip seperti GMC Kaltim, Srikandi Ganjar Kaltim juga menunjukan kepedulian terhadap masyarakat.

Namun, berbeda dengan GMC Kaltim melakukan kegiatan sosial dalam fokus sektor lingkungan, Srikandi Ganjar mengadakan acara Workshop guna mendukung pemberdayaan masyarakat dan membangun potensi terbentuknya UMKM lokal.

Whorkshop tersebut berlangsung pada 03/07/2023 dan berfokus pada pembuatan kue Brownies khas Kutai Kertanegara, acara berlangsung di Toko Roti Balok Jelawat, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pelatihan pembuatan kue brownis dimulai dengan pengenalan bahan-bahan dan proses pembuatan. Usai penjelasan dari pemateri, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk demo pembuatan kue brownis.

Setiap tahapan dilakukan dengan cermat oleh peserta hingga proses akhir menata kue. Sembari menunggu brownis jadi, panitia lalukan ice breaking hingga ada pemberian doorprize.

Dalam agendanya kali ini, Rhyta Salsa selaku Korwil Srikandi Ganjar Kaltim menampung aspirasi dari masyarakat yang bertujuan untuk melakukan pemberdayaan pada sektor percepatan ekonomi di level rumah tangga yang selama ini kerap menjadi persoalan di daerah tersebut.

Berbagai dukungan dari golongan masyarakat dengan latar belakang berbeda menunjukan elektablitas Ganjar dalam skala nasional.

Ditambah dengan sosoknya yang merakyat dan dekat dengan berbagai kalangan, sangat mungkin dukungan dari masyarakat juga akan terus meluas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *