Blog Post

Gerakan > Daerah > Pelaku UMKM Maju Berkat Ganjar Pranowo
Ganjar Mahfud capres cawawpres

Pelaku UMKM Maju Berkat Ganjar Pranowo

Spread the love

Pelaku UMKM kini maju secara pesat berkat Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang telah dengan sungguh-sungguh mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui inovasi yang disebut sebagai Lapak Ganjar.

Program endorse gratis ini pertama kali diperkenalkan di Jawa Tengah, namun kini telah berhasil diperluas ke berbagai wilayah di luar Jawa Tengah. Lapak Ganjar telah memberikan dorongan positif kepada lebih dari 3.439 UMKM yang terdaftar, mencapai 124 Kabupaten dan Kota, serta mengadakan 136 edisi endorse.

Bahkan calon Presiden Ganjar Pranowo bersama calon Wakil Presiden Mahfud MD ini memiliki rencana untuk terus melakukan peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden selanjutnya.

Ganjar-Mahfud menyatakan bahwa Upaya peningkatan UMKM telah tertuang dalam visi misi Ganjar-Mahfud yang mengangkat tema ‘Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari’.

Ganjar memperkenalkan beragam produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang termasuk dalam berbagai kategori, mulai dari agrokomoditi, kerajinan, furnitur, dekorasi rumah, fesyen, hingga makanan dan minuman.

Baca Juga: Yenny Wahid Dukung Ganjar-Mahfud MD, Ini Komentar HT

Selain hanya memamerkan produk-produk tersebut, para pelaku UMKM juga memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam berbagai kegiatan bermanfaat di acara ini, seperti pembinaan kapasitas UMKM, program edukasi dan sosialisasi, pertemuan bisnis untuk pembiayaan, serta peluang penjualan dan ekspor.

Melalui Lapak Ganjar, UMKM di berbagai daerah telah mengalami peningkatan pesat dalam permintaan produk mereka. Sebagai contoh, terdapat UMKM dari Kabupaten Pekalongan yang sebelumnya hanya menerima pesanan dari tetangga, kini menerima pesanan dari luar kota setelah bergabung dengan program ini.

Hal yang sama terjadi pada salah satu pemilik UMKM sektor tekstil, yang juga mengalami peningkatan pesat dalam bisnisnya setelah memanfaatkan Lapak Ganjar untuk mempromosikan produknya. Program ini tidak hanya memberikan dampak positif di Jawa Tengah, melainkan juga di daerah lain seperti Malang dan Klaten.

Bahkan beberapa UMKM telah menerima pesanan dari luar negeri, menunjukkan keberhasilan ekspansi Lapak Ganjar dalam mendukung pertumbuhan dan eksistensi produk lokal.

Melalui pemanfaatan teknologi dan strategi pemasaran yang efektif, Lapak Ganjar telah mendorong pertumbuhan UMKM, tidak hanya dalam hal pendapatan, tetapi juga dalam memperkenalkan merek lokal secara global.

Dengan demikian, peran Ganjar Pranowo dan inisiatif Lapak Ganjar telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM di Indonesia, membawa harapan baru untuk masa depan mereka. Lapak Ganjar merupakan bukti nyata dari komitmen serius Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia.

Kesuksesan program ini juga menunjukkan potensi besar dalam digitalisasi dan transformasi digital yang dapat diterapkan dalam skala yang lebih luas, memberikan dasar yang kokoh untuk pengembangan lebih lanjut di sektor UMKM dan ekonomi secara keseluruhan, sejalan dengan salah satu dari tujuh gagasan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024, yaitu transformasi digital.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *