Blog Post

Gerakan > Daerah > Momen Mahfud MD Ziarah ke Makam Ayahnya di Madura
Mahfud MD

Momen Mahfud MD Ziarah ke Makam Ayahnya di Madura

Spread the love

Momen Saat Mahfud MD Berziarah ke Makam Ayahnya di Pamekasan

Cawapres Mahfud MD ziarah ke makam ayahnya, H. Mahmodin yang berada di Desa Plapak, Pegantenan, Pamekasan, Madura.

Terdapat suatu momen yang unik dan lucu saat Mahfud hendak berjalan menuju tempat persemayaman ayahnya.

Pada Sabtu (18/11/2023), kehadiran Mahfud di kampung halamannya tersebut disambut dengan meriah oleh warga dengan lantunan hadrah dan sholawat Badar. Dalam sela-sela kunjungannya ke makam ayahnya dengan berjalan kaki itu, Mahfud MD bertemu dengan seorang Polisi yang bernama Jokowi.

Untuk memnuhi rasa penasarannya, Mahfud sempat bertanya kepada prajurit polisi tersebut tentang nama yang tertulis di dada kanan seragamnya. Polisi bernama Jokowi tersebut membenarkan bahwa itu memang nama aslinya. Mendengar itu, Mahfud kemudian mengajak berfoto polisi tersebut.

Baca Juga: Apa Arti Simbol Metal yang dipakai PDIP?

Mahfud ziarah didampingi sang istri dan keluarganya. diketahui Mahfud Md tiba di makam ayahandanya sekitar pukul 13.55 WIB.

Hadrah dan sholawat Badar terus menggema dari warga yang turut hadir dalam menyambut kedatangan cawapres Ganjar Pranowo itu. Mahfud lalu menyalami orang-orang yang menyambutnya dan langsung menuju ke makam ayahnya.

Di depan makam sang ayah, Mahfud kemudian duduk bersila dan membaca berbagai doa dan tahlil, pembacaan doa tersebut juga dipimpin tokoh agama setempat. Setelah sekitar satu jam, prosesi ziarah itu lalu diakhiri dengan tabur bunga, Mahfud juga berkesempatan memberi sambutan dan bernostalgia di kampung halamannya.

Dalam kegiatan sambutan bersama masyarakat yang hadir, Mahfud mengaku, meski ziarah ke makam ayah rutin dilakukannya tiap tahun, namun ia merasa kali ini terasa istimewa. Sebab kali ini kedatangannya disambut sebagai salah satu kontestan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: 3 Prestasi Ganjar Atasi Masalah Kesetaraan Gender

Namun. dalam ziarah tersebut, Mahfud tidak mau berbicara tentang politik apalagi berkampanye. Terlihat banyak warga yang mendengarkan penjelas sosok Profesor hukum tata negara ini pada kesempatan itu.

“Sebenarnya minimal itu 2 kali dalam satu tahun saya ke sini. Tapi hari ini menjadi terasa istimewa ya karena saya disambut sebagai pejabat untuk acara kontestasi politik 2024,” ungkap Mahfud di depan para warga dalam sambutannya seusai ziarah.

“Tapi hari ini tidak ada untuk kampanye. Jadi ini bukan kampanye, ini murni saya ziarah kubur mengenang jasa seorang ayah,” lanjut pria kelahiran Madura yang juga menjabat sebagai Menkopolhukam tersebut

Mahfud MD juga tidak lupa berterima kasih kepada para warga yang turut serta dalam mendoakan ayahnya dan sambutan yang diberikan. Di akhir sambutannya, Mahfud menuturkan harapannya agar kampung halamannya tersebut bisa menuliskan namanya dalam sejarah Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semuanya ya. Saya mohon titip kampung ini, mudah-mudahan kampung ini akan menuliskan namanya di dalam sejarah Indonesia ini. Terima kasih, mator sakalangkong,” tutup Mahfud.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *