Blog Post

Gerakan > Election > Momen Kuliah Kebangsaan Ganjar Pranowo

Momen Kuliah Kebangsaan Ganjar Pranowo

Spread the love

3 Momen saat Ganjar Pranowo Isi Kuliah Kebangsaan

Ganjar Pranowo, beberapa kali mengisi kegiatan kuliah kebangsaan di beberapa universitas. Dalam berbagai kesempatan tersebut, Ganjar membawakan topik berbeda.

3 di antara universitas yang telah dikunjungi oleh Ganjar dalam kegiatannya mengisi kuliah kebangsaan adalah universitas yang ternama di Indonsia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Bandar Lampung

Inilah momen-momen kuliah kebangsaan Ganjar Pranowo serta pesan yang ia sampaikan:

Universitas Indonesia

Ganjar Pranowo Kuliah Kebangsaan UIGanjar Pranowo Kuliah Kebangsaan UI

Ganjar Pranowo menghadiri kuliah kebangsaan di Universitas Indonesia (UI) pada Senin (18/09/2023). Dalam kesempatan ini, ia diundang oleh Fakultas Ilmu Sosiall dan Ilmu Politik (FISIP) UI untuk mengisi tema bertaut “Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan”.

Di sana, Ganjar tampil di hadapan lebih dari 1.200 peserta yang sebagian besarnya diisi oleh mahasiswa, terdapat juga para dosen dan karywan kampus.

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo memaparkan visi dan ide pemikirannya terhadap masa depan Indonesia dengan presentasi yang bertajuk “Gaspol Menuju Indonesia Emas”.

Dalam pemaparannya, Ganjar menguraikan tiga fondasi serta tujuh strategi pembangunan Indonesia. Ketiga fondasi tersebut antara lain menggandakan anggaran, digitalisasi pemerintahan, dan memberantas korupsi.

Sementara itu, dalam tujuh strateginya terdapat strategi-strategi seperti pengentasan kemiskinan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang produktif, penguatan jaring keamanan sosial, dan pemulihan alam Indonesia.

Baca Juga: Hobi Membaca dan Pesan Dari Mahfud MD

Universitas Negeri Malang

Ganjar Pranowo Kuliah Kebangsaan UM
Ganjar Pranowo Kuliah Kebangsaan UM

Di Universitas Negeri Malang (UM), Ganjar Pranowo mengisi tema yang bertajuk “Kreativitas dan Produktivitas Generasi Muda untuk Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (16/10/2023). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Malang, perwakilan Walikota Malang, jajaran DPR, MPR, jajaran dosen hingga rektor UM.

Dalam kesempatan tersebut Ganjar menjelaskan perubahan yang terjadi baik dalam konteks perekonomian maupun dunia digital.

Ia menyoroti betapa cepatnya perubahan ini terjadi dan mengingatkan kita akan pentingnya memastikan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sehingga negara dapat terus berkembang dan tidak tertinggal.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Menolak Membuat Program Food Estate

Universitas Bandar Lampung

Ganjar Pranowo Kuliah Kebangsaan UBL
Ganjar Pranowo Kuliah Kebangsaan UBL

Selanjutnya, Ganjar Pranowo menghadiri kuliah kebangsaan di Gedung Mahligai Agung Kampus Pascasarjana Universitas Bandar Lampung. Ia disambut meriah oleh para mahasiswa dalam kehadirannya pada Rabu (25/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Ganjar mengusung tema yang bertajuk “Anak Muda Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Paparan Ganjar berlangsung selama kurang lebih 50 menit, ia menyampaikan strategi-strategi yang perlu disiapkan dalam menyambut bonus demografi.

Ia memaparkan bagaimana pemerintah harus bertindak agar Indonesia tidak terjebak dalam middle income trap dengan mempertahankan pertumbuhan ekonomi sebesar 6% pertahun.

Ganjar juga menjelaskan bagaimana pembangunan ke depan harus bisa ramah lingkungan untuk mencegah krisis pangan dan air bersih yang diprediksi dapat terjadi pada tahun 2050.

Kegiatan kuliah kerja nyata sangatlah penting, bukan hanya untuk menanamkan ilmu tambahan kepada para mahasiswa, kehadiran sosok Calon Presiden seperti Ganjar Pranowo bisa menginspirasi para mahasiswa.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *