Blog Post

Gerakan > Daerah > Momen Ganjar Pranowo Berkunjung ke para Ulama di Jawa Barat
3 bukti Ganjar Pranowo mendukung kebebasan beragama dan Bhinneka Tunggal Ika di Indonesia

Momen Ganjar Pranowo Berkunjung ke para Ulama di Jawa Barat

Spread the love

Ganjar Pranowo merupakan salah satu sosok calon Presiden yang paling rutin melakukan sowan, atau berkunjung ke tokoh agama terkemuka di berbagai daerah yang ia kunjungi.

Di sini, kita akan bahas beberapa kegiatan sowan atau kunjungan Ganjar Pranowo kepada para ulama yang tersebar di Indonesia, terkhusus di Jawa Barat.

Cirebon

Ganjar juga pernah sowan ke Cirebon, salah satu lokasi yang didatanginya adalah Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Cirebon.

Kunjungan ini dilakukan pada Minggu (08/10/2023) siang. Kedatangan Ganjar disambut hangat ulama Ponpes dan para santri.  Ganjar kemudian berdiskusi dengan para tokoh masyarakat, terkait kemajuan pendidikan di pesantren.

Dalam kunjungannya ini Ganjar Pranowo juga mendapatkan dukungan dari paguyuban kepala desa di Cirebon, FKKC, untuk menjadi Presiden RI periode selanjutnya.

Selain Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Ganjar juga berkunjung ke Ponpes Gedongan. Pemimpin Ponpes Gedongan, KH Abdul Hayyi Imam memberikan sorban putih, tongkat kayu yang terbuat dari pohon syaffarizal, dan tasbih langka kepada Ganjar Pranowo.

KH Abdul Hayyi Imam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ganjar karena Ganjar mampu menyempatkan waktu di sela-sela kesibukannya, untuk berkunjung ke Ponpes Gedongan.

Dalam kesempatan tersebut, KH Abdul Hayyi Imam pun turut mendoakan agar Ganjar terpilih menjadi Presiden RI ke-8.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Siap Tegakkan Hukum di Indonesia

Cianjur

Sebelumnya, Ganjar juga sempat bersilaturahmi dengan pimpinan dan pengurus ponpes se Kabupaten Cianjur.

Pertemuan yang digagas Himpunan Santri Nunsantara (Hisnu) diselenggarakan di Ponpes Al-Ittihad, Jalan Raya Bandung-Cianjur, Km 3, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah.

Sesampainya di lokasi Ganjar, berdiskusi dengan para pimpinan ponpes se-Kabupaten Cianjur.

Ganjar juga mengungkapkan rasa senang karena bisa bersilahturahmi dengan beberapa kelompok masyarakat hingga kiai dan ulama di Cianjur. Setelah selesai berdiskusi, Ganjar diajak ke masjid untuk melaksanakan salat Zuhur berjamaah.

Ganjar yang mengenakan pakaian berwarna putih ini dengan peci hitam kemudian berjalan ke Masjid bersama kiyai, ulama dan para pimpinan ponpes.

Setelah melaksanakan salat Zuhur, Ganjar bersama kiyai, ulama dan pimpinan ponpes bergegas ke area terbuka di Ponpes Al-Ittihad untuk melaksanakan salat Istisqa. Ini dilakukan untuk berdoa meminta hujan kepada Allah SWT.

Apalagi, Kabupaten Cianjur mengalami kekeringan karena belum diguyur hujan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia Melalui Peningkatan Anggaran Riset

Cilacap

Ganjar juga pernah sowan ke dua ulama besar di Cilacap. Pertama, Ganjar sowan ke kediaman pengasuh Ponpes Al Ihya’ Ulumaddin, KH Imdadurrohman Al Ubudi. Kemudian, Ganjar bersilaturahmi ke pengasuh Ponpes Miftahul Huda, KH Su’ada Adzkiya.

Ribuan santri menyambut kedatangan Ganjar dengan antusias, setibanya di pondok pesantren. Ganjar juga disambut oleh para ulama dan keluarganya. Di sana, Ganjar dijamu makanan yang ia santap bersama KH Imdadurrohman dan keluarga, sambil berbincang.

Pada kesempatan itu juga Ganjar menyapa dan diminta untuk memberikan motivasi kepada ratusan santri.

Dengan seringnya melakukan kegiatan sowan dengan para ulama, Ganjar Pranowo memperlihatkan komitmennya dalam menjaga hubungan baik dengan para ulama.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *