Blog Post

Gerakan > Nasional > Moge Kawasaki ER-6N Milik Ganjar Pranowo: Mengapa Menjadi Pilihannya?

Moge Kawasaki ER-6N Milik Ganjar Pranowo: Mengapa Menjadi Pilihannya?

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo beberapa kali kerap terlihat menggunakan Motor Gede (Moge) ER-6N.

Moge ini sering digunakan Ganjar Pranowo untuk blusukan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Ganjar Pranowo sendiri dikenal sebagai pencinta motor. Dirinya bahkan beberapakali terlihat berkumpul bersama komunitas motor di Jateng.

Menurut LHKPN KPK, Ganjar Pranowo memiliki dua buah motor.  Beberapa diantaranya adalah Viar Scooter 2018 dan Kawasaki ER-6N 2012

Namun, apa yang membuat moge milik Ganjar Pranowo ini begitu special? Apa yang membuat Ganjar senang menggunakan moge 650 CC ini bukan skuter matik miliknya untuk blusukan?

 

Spesifikasi Moge Ganjar, Kawasaki ER- 6N

 

Kawasaki ER-6N merupakan model sepeda motor bertenaga dengan mesin 650 cc.

Motor ini dibekali dengan mesin dua silinder segaris DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 71 tenaga kuda pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 64 Nm pada 7.000 rpm.

Namun, sejak saat itu, model ini sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia. Saat ini, ER-6N telah digantikan oleh Z650.

Mengikuti perkembangan harga sepeda motor Kawasaki ER-6n yang mencapai kisaran Rp 60-70 jutaan di situs olx.com, terlihat bahwa motor ini masih menjadi incaran di pasar.

Baca Juga: Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia

Yonathan dari R&J Motorsport, showroom khusus moge, mengungkapkan bahwa Kawasaki ER-6n memiliki daya tarik khusus bagi mereka yang sebelumnya menggunakan motor 250 cc.

Hal ini menunjukkan bahwa motor ini memiliki nilai dan popularitas yang tetap tinggi, bahkan di tengah pasar sepeda motor yang terus berkembang

Keunikan dan kelangkaan motor milik Ganjar Pranowo ini menjadi alasan mengapa motor tersebut sering digunakan saat beliau melaksanakan blusukan.

 

Ketertarikan Kepada Modifikasi

 

Menurut beberapa sumber, Ganjar bahkan merencanakan untuk memodifikasi motornya.

Saat hendak memodifikasi motor Scorpio miliknya di sebuah bengkel modifikasi di Jawa Tengah, Icus Custom, Icus, pemilik bengkel, mengungkapkan bahwa Ganjar ingin memodifikasi Kawasaki ER-6N miliknya.

“Kalau kemarin ini tanya, ER6n saya kalau dibikin bisa tidak? Ya saya jawab bisa,” ujar Icus dalam percakapannya dengan Ganjar.

Icus mengungkapkan bahwa Ganjar ingin melakukan modifikasi sederhana pada motor 649 cc tersebut. Namun, ia menetapkan syarat bahwa modifikasi tidak boleh terlalu “ekstrim.”

Icus menjelaskan bahwa Ganjar ingin mengganti tangki dan modelnya agar motor terlihat seperti scrambler.

“Pokoknya tidak custom ekstrim. Intinya dibuat scrambler gitu,” ujar Icus.

 

Menurut Icus, biaya modifikasi sederhana pada motor ini akan mencapai sekitar Rp 15 juta.

“Iya sekitar Rp 15 juta, modifikasinya sederhana saja nanti, tidak terlalu mahal. Tidak akan ada banyak potongan pada bingkai. Tapi kami belum tahu kapan,” ujarnya.

Icus sendiri mengaku sangat antusias dan agak gugup untuk memodifikasi motor milik Ganjar ini. Alasannya adalah karena Ganjar berasal dari kalangan pejabat, yang tentunya berbeda dari pelanggan lainnya.

 

Baca Juga: Potret Anak Ganjar Pranowo Berbagi Kepada Kaum Disabilitas

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *