Blog Post

Gerakan > Election > Mengenal SMA BOPKRI 1, Sekolah Ganjar Pranowo Capres 2024 Semasa di Jogja
Mengenal SMA BOPKRI 1, Sekolah Ganjar Pranowo Capres 2024 Semasa di Jogja

Mengenal SMA BOPKRI 1, Sekolah Ganjar Pranowo Capres 2024 Semasa di Jogja

Spread the love

Ganjar Pranowo, Calon Presiden 2024, memiliki kisah inspiratif di masa sekolah menengah atasnya di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Lulus dari SMA tersebut pada tahun 1987, ia kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada.

Melalui Reuni Akbar SMA BOPKRI 1, Ganjar Pranowo yang saat ini berpasangan dengan Mahfud MD dalam Pilpres 2024 mengungkapkan kenangan berharga bersama mantan gurunya, Ibu Rustri, yang meninggalkan kesan mendalam dalam pemahaman Ganjar terhadap nilai-nilai Pancasila dan pendidikan moral.

Baca Juga: 4 Wisata Ancol Yang Perlu Anda Kunjungi

Profil SMA BOPKRI 1, Sekolah Ganjar Pranowo di Jogja

SMA BOPKRI 1, yang terletak di Jalan Wardhani No. 2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki sejarah panjang sebagai sekolah swasta di bawah naungan Yayasan BOPKRI.

Berdiri sejak 1946, sekolah ini awalnya didirikan sebagai Christelijke MULO, sebuah lembaga pendidikan Kristen pada masa kolonial Belanda. Seiring berjalannya waktu, gedung SMA BOPKRI 1 sebelumnya pernah digunakan oleh Militer Akademi Yogyakarta pada masa kemerdekaan Indonesia.

SMA BOPKRI 1 memiliki visi yang kuat dalam menciptakan individu yang cerdas, berbudaya, dan memiliki daya saing global, yang didasarkan pada nilai-nilai kasih, integritas, dan pelayanan yang tulus.

Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah ini menawarkan program pendidikan reguler dengan kurikulum nasional yang meliputi pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

Tidak hanya itu, SMA BOPKRI 1 juga menjalin kerjasama dengan Adelaide International School (AIS) di Australia, memungkinkan siswa untuk mendapatkan dua ijazah setelah menyelesaikan program BOSA-AIS Educational Program.

Selain fokus pada pendidikan, SMA BOPKRI 1 menerapkan berbagai program seperti “Well Being” dan kebiasaan “3S” (salam, senyum, dan sapa) guna menjaga kesehatan fisik dan mental para siswa.

Melalui pendekatan ini, sekolah ini telah melahirkan banyak alumni sukses di berbagai bidang, termasuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), mantan Menteri Kesehatan, dan Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia.

Baca Juga: Menelusuri Sejarah dan Makna Batik Parang dalam Pertemuan Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi

Dengan latar belakang sejarah dan visi yang kuat, SMA BOPKRI 1 Yogyakarta telah menjadi tonggak penting dalam perjalanan pendidikan dan pembentukan karakter para siswanya, termasuk bagi Ganjar Pranowo, calon presiden yang memiliki jejak pendidikan yang kuat dan keterlibatan aktif dalam membangun masa depan Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *