Blog Post

Gerakan > Election > Mengenal Jaleswari Pramodhawardhani, Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud

Mengenal Jaleswari Pramodhawardhani, Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud

Spread the love

TPN Ganjar-Mahfud semakin menguatkan strukturnya dengan mengumumkan Jaleswari Pramodhawardhani sebagi Deputi Inklusi. Arsjad Rasjid, Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo – Mahfud MD, menyatakan komitmennya untuk melibatkan semua lapisan masyarakat termasuk para perempuan dalam membangun bangsa.

“Kami percaya perempuan memiliki peran yang besar dalam membangun Indonesia ke depan,” ujar Arsjad pasca menghadiri rapat pimpinan partai koalisi TPN Ganjar-Mahfud di HighEnd, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

Jaleswari Pramodhawardhani, pejabat tinggi yang saat ini masih menjabat Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP), dipilih untuk memimpin Deputi Inklusi. Para perempuan berlatar belakang aktivis seperti Ika Ardina, Nia Sjarifudin, Ruby Khalifah, Sandra Monika, dan Yustitia Arief turut bergabung dalam deputi ini dengan membawa keberagaman dan pengalaman yang kaya seputar isu perempuan dan kebangsaan.

Adanya Deputi Inklusi dalam struktur tim kampanye yang mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 3 tersebut bukan hanya berbicara tentang peningkatan elektabilitas, namun dikonfirmasi oleh Arsjad Rasjid sebagai sebuah suntikan energi baru.

Jaleswari Pramodhawardhani, yang telah mengajukan cuti dari jabatannya di KSP, menekankan bahwa keikutsertaannya dalam TPN Ganjar-Mahfud tidak melanggar hukum.

“Saya sebagai bagian dari pemerintah, saya sadar betul bahwa aturan-aturan hukum yang ada, kami sudah mencermati juga, insya Allah tidak melanggar aturan,” ungkap Jaleswari.

Dengan semangat untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan berintegritas, TPN Ganjar-Mahfud, yang yang dibantu dengan adanya Deputi Inklusi Jaleswari Pramodhawardhani, siap menghadirkan wajah baru dalam dunia politik Indonesia. Kehadiran perempuan-perempuan hebat ini tidak hanya menjanjikan kemenangan, tetapi juga membawa harapan untuk nilai-nilai demokrasi yang lebih kuat di masa depan.

Baca Juga: Crowdfunding Jadi Cara Relawan Ganjar untuk Mendukung Kampanye Ganjar-Mahfud

Profil Jaleswari Pramodhawardani, Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud

Dra. Jaleswari Pramodhawardani, M.Hum., lahir pada 11 Agustus 1964, adalah seorang akademisi, birokrat, dan aktivis perempuan yang memegang peran vital sebagai Deputi V bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan, dan Hak Asasi Manusia di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia sejak 2016. Sebelum menduduki posisi ini, Jaleswari telah menorehkan jejak sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan seorang pengamat militer serta pertahanan.

Selama karirnya, Jaleswari Pramodhawardani pernah menjadi Staf Khusus Sekretaris Kabinet pada tahun 2014 di bawah kepemimpinan Andi Widjajanto dan kemudian memegang posisi serupa di bawah Kepala Staf Kepresidenan RI pada tahun 2015. Pada tahun 2016, dia naik pangkat menjadi Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, menggantikan Mayor Jenderal TNI Andogo Wiradi.

Jaleswari terus menyumbangkan pengetahuannya dalam berbagai posisi, termasuk sebagai pengarah di Tim Monitoring Pelaksanaan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sejak tahun 2019. Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di PT Pindad sejak tahun 2021.

Pendidikan Jaleswari mencakup perjalanan dari SD Hang Tuah 4 hingga kuliah di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta untuk gelar sarjana dan Universitas Indonesia untuk gelar magister. Dengan latar belakang sebagai peneliti di LIPI, dia telah menghasilkan berbagai publikasi, termasuk buku yang menyoroti tantangan pembiayaan militer di Indonesia.

Di samping kegiatan akademisnya, Jaleswari juga terlibat dalam berbagai organisasi, seperti menjadi Dewan Penasehat di The Indonesian Institute sejak 2004 dan anggota Perhimpunan Indonesia untuk Pembinaan Pengetahuan Ekonomi dan Sosial (BINEKSOS) sejak 2013.

Sebagai Penasihat Senior di LAB 45, Jaleswari Pramodhawardani juga mengukir namanya sebagai pemikir strategis dalam bidang hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan reformasi militer. Dengan prestasinya yang gemilang, Jaleswari terus memberikan kontribusi signifikan untuk kemajuan Indonesia di berbagai sektor terutama dalam bidang politik saat ini dengan kehadirannya sebagai Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *