Blog Post

Gerakan > Election > Mengenal Adjis Doaibu yang Curhat ke Ganjar
Adjis Doaibu

Mengenal Adjis Doaibu yang Curhat ke Ganjar

Spread the love

Presiden Stand Up Indo, Adjis Doaibu mengungkapkan keluh kesahnya saat menjumpai Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang saat itu diadakan pada Senin, 23 Oktober 2023.

Pada acara “Ruang Ide Ganjar Pranowo dan Mahfud MD” di Kala Kalijaga, Kecamatan Blok M, Jakarta Selatan, Ganjar dan Mahfud berbincang dengan perwakilan pelaku ekonomi kreatif, pegiat seni, dan generasi muda selama lebih dari satu jam.

Tak hanya Adjis Doaibu, komedian dan komika antara lain Denny Chandra, Akbar Kobar, dan Abdel Achrian turut menghadiri acara tersebut. Selain itu, komedian Cak Lontong, budayawan Butet Kertaradjasa, serta penyanyi dan komposer Kla Project Adi Adrian juga turut hadir.

Komika Adjis Doaibu menyoroti sulitnya proses perizinan dan tingginya harga sewa gedung terus menjadi permasalahan bagi para pelaku industri kreatif.

Adjis Doaibu juga mencontohkan menggelar konser Stand Up Comedy Indonesia di lahan milik pemerintah yang biasanya harga sewanya lebih tinggi.

Baca Juga: Berkunjung ke Lampung, Ganjar Disambut Hangat Sultan Sekala Brak

Menanggapi hal tersebut, Ganjar menyatakan ekonomi kreatif Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan bantuan untuk memajukan para pelaku ekonomi kreatif.

Langkah awal yang dilakukan Ganjar adalah dengan memperkecil birokrasi guna mempermudah perizinan. Kedua, dengan memastikan kejelasan hukum dan menumbuhkan ekonomi kreatif yang dapat diakses secara bebas oleh investor.

Hal ini harus segera dilakukan karena nilai ekonomi kreatif tidak terbatas dan berpotensi memberikan banyak lapangan kerja.

Untuk itu, Ganjar berkomitmen mendirikan Creative Hub atau pusat pelatihan di berbagai daerah. Ia juga akan menciptakan mekanisme kolaborasi dengan seluruh aspek seni dan budaya.

Kesulitan hukum, menurut Mahfud, juga penting dalam memperluas investasi di bisnis ekonomi kreatif. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah harus memberikan kepastian hukum agar proses penanaman modal dapat berjalan berkeadilan.

Profil Adjis Doaibu

Adjis Doaibu
Adjis Doaibu

Adjis Doaibu, lebih dikenal sebagai Adjis, adalah seorang komedian, MC, dan aktor Indonesia.

Perlu diingat bahwa nama asli komik ini adalah Abdul Aziz Batubara. Pada tanggal 3 Mei 1988, ia dilahirkan di Jakarta. Dia berusia 34 tahun sekarang. Adjis kini menjadi komedian dan Presiden Stand Up Comedy Indonesia.

Mengenai latar belakang pendidikannya, ia merupakan lulusan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Menurut legenda, ia diberi nama Adjis Doaibu secara kebetulan. Saat dia menjadi MC di acara musik We Are Pop pada tahun 2006, dia mendapatkan nama panggungnya.

Nama ‘Doa Ibu’ muncul secara kebetulan ketika ia mengamati sebuah truk lewat di depannya dengan tulisan ‘Doa Ibu’ di atasnya.

Baca Juga: Meski Sibuk, Mahfud MD Luangkan Waktu Video Call Cucu dan Anaknya

Dari situlah ia memilih mengganti namanya menjadi Adjis Doaibu yang menjadi nama panggungnya hingga saat ini.

Karier profesional Adjis diawali dengan mengikuti kompetisi Street Comedy Indonesia di Bekasi. Adjis dinobatkan sebagai juara pada kompetisi ini.

Namanya mulai dikenal berkat penampilannya di panggung Stand Up Comedy Show Metro TV. Presentasi tersebut mengundang geli dari penonton.

Dia bereksperimen dengan akting setelah menampilkan stand-up comedy. Penampilan film pertamanya adalah di Tak Kenal Maka Tak Sayang.

Bakat akting Adjis semakin berkembang hingga ia berperan dalam film arahan Ernest Prakasa, antara lain Cek Toko Sebelah dan Ngenest.

Ia terpilih sebagai ketua eksekutif atau presiden komunitas Stand Up Indonesia pada tahun 2019 karena ketulusan, totalitas, dan dedikasinya terhadap seni stand up comedy. Adjis Doaibu mengambil alih jabatan Presiden Komunitas Stand Up Comedy dari Awwe.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *