Blog Post

Gerakan > Daerah > Mengenal Abdul Ghani Kasuba, Gubernur Maluku Utara yang Mendukung Ganjar-Mahfud
Mengenal Abdul Ghani Kasuba, Gubernur Maluku Utara yang Mendukung Ganjar-Mahfud

Mengenal Abdul Ghani Kasuba, Gubernur Maluku Utara yang Mendukung Ganjar-Mahfud

Spread the love

Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, dengan tegas menyatakan dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dukungan ini diungkapkan usai acara gerakan menanam cabe, bawang merah, dan tomat di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Rabu (25/10/2023).

Gani, yang telah menjabat sebagai gubernur selama dua periode, menyatakan bahwa Ganjar Pranowo adalah pilihannya untuk menjadi presiden, dengan komitmen untuk memenangkan pasangan tersebut di Pilpres 2024.

Selain mendukung, Kasuba merencanakan kunjungan Ganjar Pranowo ke Maluku Utara, menyatakan, “Pak Ganjar Pranowo mau datang (ke Maluku Utara), Insya Allah kita siap menangkan beliau.”

Baca Juga: Ganjar ingin Perbarui Sistem BAZNAS

Mengenal Abdul Ghani Kasuba

Abdul Ghani Kasuba, lahir pada 21 Desember 1951, memiliki peran signifikan di panggung politik dan pendidikan di Maluku Utara. Menjalani dua periode sebagai Gubernur Maluku Utara dan sebelumnya Wakil Gubernur Maluku Utara, Gani tumbuh di Bibinoi, Maluku Utara, dan berdedikasi kepada Yayasan Al-Khairat dalam mendirikan sekolah-sekolah di wilayah terpencil, dari Maluku Utara hingga Papua.

Pendidikannya dimulai di sekolah Islami hingga Fakultas Dakwah Universitas Islam Madinah. Setelah kembali dari Madinah, ia berkontribusi sebagai Kepala Inspeksi di Yayasan Al-Khairat dan terlibat dalam politik sebagai Anggota DPR RI periode 2004-2009. Ghani terpilih sebagai Gubernur pada pemilihan 2013 dan 2018.

Ghani Kasuba, meskipun sebagai kader PKS, pada periode kedua berpasangan dengan Al Yasin Ali dan didukung oleh koalisi PDI-P dan PKPI. Terlibat dalam kegiatan organisasi, seperti Wakil Ketua Komisaris Al Khairat Maluku Utara – Irian Jaya dan Ketua Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Maluku Utara, Ghani Kasuba memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan wilayah dan pendidikan di Maluku Utara.

Dengan dukungan tegasnya kepada Ganjar Pranowo – Mahfud MD, tokoh Maluku Utara ini memperkuat aliansi politik dan merencanakan kunjungan penting ke Maluku Utara dalam mendukung pasangan tersebut di Pilpres 2024.

Dukungan Gubernur Maluku Utara ini menjadi suara kunci bagi pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD, mengingat pengalamannya yang telah teruji dalam kepemimpinan daerah. Profil Abdul Ghani Kasuba mencerminkan figur yang tidak hanya berpengaruh dalam ranah politik tetapi juga telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di Maluku Utara.

Baca Juga: Pentingnya Perkembangan Ekonomi Maritim, Kenali Alasannya

Sebagai pemimpin yang telah memimpin selama dua periode, kehadiran dan dukungan Gubernur Gani Kasuba diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pencapaian visi Indonesia Emas 2045 yang diusung oleh pasangan tersebut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *