Blog Post

Gerakan > Nasional > Memahami Peran Infrastruktur dalam Pariwisata

Memahami Peran Infrastruktur dalam Pariwisata

Spread the love

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menekankan signifikansi peran infrastruktur dalam usaha memajukan sektor pariwisata di Indonesia. Selain itu, Ganjar juga menggarisbawahi daya tarik keunikan budaya setiap daerah yang menjadi ciri khas menarik bagi pengunjung. Ganjar menganggap bahwa keseluruhan aspek ini bersama-sama dapat meningkatkan potensi pariwisata alam di berbagai wilayah.

Dalam pertemuan dengan pengusaha Bali di Denpasar pada Rabu (01/11/2023), Ganjar memberikan masukan berharga kepada para pelaku wisata, terutama terkait infrastruktur. Dia menyoroti pentingnya perbaikan infrastruktur sebagai langkah yang sangat penting, mengingat banyaknya hotel dan destinasi pariwisata yang telah ada. “Penting untuk memperhatikan perbaikan jalan, bandara, pelabuhan, dan khususnya sistem transportasi perkotaan,” ujar Ganjar Pranowo.

Selain itu, Ganjar juga menekankan pentingnya pendekatan ekowisata yang tidak kalah vital untuk mempertahankan lingkungan pariwisata. Dia berpendapat bahwa persiapan penanganan dan pengelolaan yang melibatkan proses 20 tahun ke depan harus dimulai, mengingat peningkatan kunjungan wisatawan. Data terbaru menunjukkan peningkatan drastis jumlah penerbangan ke Bali, bahkan melebihi angka sebelum pandemi. Hal ini menunjukkan potensi besar, tetapi juga menuntut perhatian terhadap infrastruktur.

Ganjar juga menegaskan pentingnya budaya dalam destinasi pariwisata. Keunikan budaya lokal menjadi faktor kunci dalam menarik para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ia mengatakan bahwa orang sering kali mengunjungi daerah tertentu untuk merasakan budaya yang unik, seperti di Bali, di mana budaya dan seni tradisional masih hidup dan dilestarikan, yang menarik minat para wisatawan.

“Dengan pertumbuhan cepat pariwisata di Bali, kita perlu mempersiapkan aspek lingkungan, sumber daya manusia, bahkan menciptakan paket wisata dengan destinasi lain di luar pulau Bali, sehingga para pengunjung dapat memiliki alternatif,” tegas Ganjar.

Baca Juga: 5 Jenis Tarian Khas Bali: Nomor Tiga Jadi Sambutan Spesial untuk Ganjar Pranowo

Untuk mendukung perkembangan seni dan budaya, Ganjar menekankan pentingnya pengorganisasian kader di tingkat bawah. Ia melihat bahwa generasi muda Bali memiliki potensi besar untuk merawat dan mengembangkan warisan budayanya. Ganjar meyakini bahwa pengembangan pariwisata di Indonesia memerlukan keseimbangan yang baik antara infrastruktur yang berkualitas dan pelestarian budaya lokal yang sangat berharga.

Ganjar Pranowo yakin bahwa dengan pendekatan ini, Indonesia dapat menjadi tujuan wisata yang menarik dan berkelanjutan. “Budaya memiliki pengaruh yang sangat besar. Budaya adalah hal yang penting,” tandasnya.

Misi Ganjar Dalam Bidang Parawisata

Dalam visi dan misi Mahfud MD serta Ganjar, terdapat dua program yang ditujukan khusus untuk sektor pariwisata. Dua program tersebut adalah:

1. “Indonesia Destinasi Pariwisata Unggulan”

Program ini bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata yang terintegrasi, berkualitas, berbasis masyarakat lokal, dan berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk menggandakan jumlah destinasi pariwisata prioritas dan memperluas promosi destinasi wisata khas Indonesia, dengan target mencapai jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 30 juta pada tahun 2029.

2. “Pariwisata Maritim Global”

Program ini mencakup pengembangan wilayah pariwisata bahari, Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata bahari, serta meningkatkan daya tarik investasi dalam sektor pariwisata maritim. Visi dan misi Ganjar-Mahfud dalam bidang pariwisata ini menegaskan komitmen mereka untuk menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dalam industri pariwisata. Tentu saja, upaya dalam pembangunan infrastruktur dan pelestarian budaya lokal sangat penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *