Blog Post

Gerakan > News > Makhluk Luar Biasa itu Adalah Perempuan
Ganjar Sedang Membaca Buku "Gadis Kretek"

Makhluk Luar Biasa itu Adalah Perempuan

Spread the love

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, membagikan foto dirinya tengah membaca novel “Gadis Kretek” karya penulis Ratih Kumala. Ganjar memberikan pujian kepada buku tersebut, baik dalam bentuk novel maupun serial web. Ia menganggap keduanya memberikan kesan yang sama-sama mengesankan menurut pandangannya.

Foto tersebut dibagikan oleh Ganjar Pranowo melalui akun resmi media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, pada Minggu (19/11/2023). Dalam gambar tersebut, Ganjar terlihat berada di ruang kerjanya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah terlihat memegang novel “Gadis Kretek”. Dalam pernyataannya, ia menyatakan bahwa membaca ulang buku tersebut bagi dirinya seperti mengenang kenangan yang terkait dengan kisah dalam buku tersebut.

“Membaca ulang itu seperti menengok kenangan.” Tulis Ganjar dalam Caption-nya yang dikutip pada Minggu (19/11/2023).

Baca Juga : Pemilihan Umum Sebentar Lagi, Sudah Siap?

Kemudian, ia mengutip kata-kata yang terdapat dalam buku tersebut.

“Dan kenangan itu persis seperti kata Jeng Yah, Saya selalu disini, saya tidak pernah kemana-mana. Kamu bisa pulang jika memang itu yang kamu inginkan.” Tulisnya mengutip dari sumber buku.

Lanjutnya, suami dari Siti Atikoh menyatakan bahwa baik film maupun cerita dalam buku tersebut meninggalkan jejak yang mendalam dalam ingatannya. Hal ini menunjukkan pengaruh positif dan kesan yang kuat dari karya tersebut terhadap pemikiran dan perasaannya.

“Novel dan film Gadis Kretek ini sama-sama keren. Dari keduanya kita semakin paham bahwa makhluk luar biasa itu adalah perempuan.” Ujarnya.

Serial ‘Gadis Kretek’

Dian Sastrowardoyo (Dasiyah) dalam salah satu adegan di serial "Gadis Kretek." Sumber : Netflix
Dian Sastrowardoyo (Dasiyah) dalam salah satu adegan di serial “Gadis Kretek.” Sumber : Netflix

Novel “Gadis Kretek” yang ditulis oleh Ratih Kumala telah diterbitkan sejak tahun 2012 dan berhasil meraih penghargaan besar dalam Kusala Sastra Khatulistiwa. Popularitasnya semakin meningkat setelah diadaptasi menjadi seri di platform Netflix.

Serial “Gadis Kretek” bukan hanya dikenal karena ceritanya yang kaya nilai, tetapi juga karena kehadiran para pemeran papan atas yang turut memperkaya pengalaman menontonnya.

Serial ini mencatat sejarah sebagai serial original Netflix pertama di Indonesia, membuat debutnya di Busan International Film Festival (BIFF) 2023 dan menambahkan catatan prestisius sejak pertama kali tayang di Netflix pada Kamis (2/11/2023).

Adaptasi novel “Gadis Kretek” oleh sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah dianggap sangat apik, berhasil mengemas cerita dari novel tersebut menjadi sebuah serial Netflix yang menarik perhatian untuk ditonton.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *