Blog Post

Gerakan > Election > Mahfud MD Ungkap Sosok yang Dorong Jadi Wapres
Mahfud MD

Mahfud MD Ungkap Sosok yang Dorong Jadi Wapres

Spread the love

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mengungkap sosok yang pertama kali mendorong dirinya menjadi Cawapres.

Hal ini Ia ungkapkan ketika dirinya datang menghadiri rapat konsolidasi Partai Hanura yang digelar pada hari Selasa (21/11/2023).

Diketahui rapat konsolidasi tersebut dihadiri oleh para petinggi partai Hanura. Mulai dari pimpinan pusat, daerah, selain itu hadir juga ketua Badan Pemenangan Pemilu atau Bappilu Hanura se-Indonesia.

Dalam kesempatannya memberi sambutan dan berpidato, Mahfud MD menjelaskan satu momen ketika Ganjar Pranowo masih belum memiliki pendamping resmi. Setelah Ganjar ditunjuk sebagai Calon Presiden (Capres) oleh Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pada 21 April 2023, siapa yang akan mendampingi Ganjar masih belum diputuskan.

Baca Juga: Jadi Keluarga Adat Suku Hassor, Ganjar Pranowo: Mengharukan, Sekuat Tenaga Saya Akan Memahami Papua!

Pada saat itu, Mahfud langsung diajak bertemu oleh beberapa tokoh elite Partai Hanura. Dan di saat itulah Ketua Hanura, yaitu Oesman Sapta Odang atau OSO menawari Mahfud MD untuk mengisi posisi Cawapres Ganjar. Hanura mengajukan Mahfud sebagai Cawapres meski saat itu belum secara resmi mendukung dan mengusung Ganjar Pranowo.

“Ketika orang belum berpikir siapa sosok calon wakil presiden yang cocok untuk mas Ganjar, bahkan sebelum mas Ganjar ditetapkan sebagai capres pada tanggal 21 April, Bang OSO sudah ngundang saya ke sini, ada mas Muqowam juga ya waktu itu, kami makan di sini rame-rame, ‘You yang harus jadi Wakil Presiden’,” ujar Mahfud kepada wartawan dikutip pada Rabu 22 November 2023.

“Waktu itu belum ada yang nyebut nama saya, tapi harus anda katanya. pokoknya harus bisa, negara Indonesia ini butuh seorang seperti anda,” lanjutnya mengutip ucapan OSO.

Baca Juga: Jawa Tengah Tidak Gentar untuk Ganjar-Mahfud, Bambang Pacul: Optimis 11 Juta Suara!

Lebih lanjut, Mahfud MD juga menjelaskan bahwa OSO juga telah memberikan sejumlah wejangan kepada dirinya hingga membantu  dirinya membuat keputusannya bulat ingin maju sebagai cawapres.

“Bang OSO ini yang kemudian membantu besarkan hati saya ‘You bisa’ ayok saya perkenalkan dengan orang-orang penting, dengan tokoh intelijen, siapa komandan lain-lain, sehingga saya merasa punya teman sejak awal ketika saya sedang takut masuk ke Ibu Kota itu, ya bang OSO ini yang kemudian membawa saya,” ujar Mahfud MD.

Usai pembicaraan tersebut, Partai Hanura pun akhirnya memutuskan bergabung dengan koalisi PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024, menyusul partai lain seperti Perindo dan PPP.

Setelah itulah kemudian Mahfud memutuskan untuk menerima tawaran maju sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo.

“Tapi alam membawa Pak OSO dan kawan-kawan berkomunikasi dengan Mbak Megawati, kemudian mbak Megawati juga mempunyai hitung-hitungan yang pas gitu, itu lah kemudian saya dideklarasikan pada tanggal 18 dan langsung tanggal 19 mendaftar ke KPU,” jelas Mahfud MD.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *