Blog Post

Gerakan > Nasional > Lionel Messi Meraih Ballon d’Or ke-8

Lionel Messi Meraih Ballon d’Or ke-8

Spread the love

Ballon d’Or 2023 resmi telah dilaksanakan pada Senin (30/10/2023) di Paris, Perancis dan Lionel Messi dinobatkan menjadi peraih Ballon d’Or 2023, dimana ini adalah kedelapan kalinya untuk Messi.

Diketahui mantan gelandang Inggris dan Manchester United, David Beckham sendiri yang mempersembahkan Ballon d’Or kepada Messi. Sebelum mengumumkan pemenangnya, David Beckham memberikan penghormatan kepada Sir Bobby Charlton yang wafat pada 21 Oktober lalu.

Ballon d’Or merupakan penghargaan bagi pesepakbola terbaik, pada tahun ini nominasi inidipilih oleh 100 jurnalis dari seluruh dunia.

Selain membantu Argentina meraih kejayaan Piala Dunia, Messi juga memainkan peran penting saat Inter Miami memenangkan trofi pertama mereka – Piala Liga – dan telah mencetak 11 gol dalam 14 penampilan untuk tim Major League Soccer (MLS).

Pada pergelaran Piala Dunia di Qatar, Messi berhasil berkontribusi dalam 10 gol yang dihasilkan oleh Argentina, dengan mencetak tujuh gol dan tiga assist secara keseluruhan. Terlebih lagi, Lionel Messi juga mencetak dua gol di final piala dunia saat melawan Prancis.

Baca Juga: Duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia Melalui Peningkatan Anggaran Riset

Lionel Messi kini telah memenangkan tiga penghargaan Ballon d’Or lebih banyak dibandingkan siapa pun, dengan Cristiano Ronaldo telah memenangkannya lima kali, terakhir pada tahun 2017. Di sisi lain Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco van Basten masing-masing hanya memenangkan Balon d’Or sebanyak tiga kali.

Berikut data statistik dari hasil penampilan Lionel Messi sepanjang karirnya, Lionel Messi telah mencetak sebanyak 821 gol dan 361 assist di total 1.045 penampilannya baik itu di klub maupun Ketika mewakili tim nasional Argentina. Messi juga berhasil menjadi Man of the Match selama 316 kali.

Berikut urutan 10 besar dari Ballon d’Or 2023:
1. Lionel Messi (Argentina & Inter Miami)
2. Erling Haaland (Norway & Manchester City)
3. Kylian Mbappe (Prancis & Paris Saint-Germain)
4. Kevin De Bruyne (Belgia & Manchester City)
5. Rodri (Spanyol & Manchester City)
6. Vinicius Jr (Brazil & Real Madrid)
7. Julian Alvarez (Argentina & Manchester City)
8. Victor Osimhen (Nigeria & Napoli)
9. Bernardo Silva (Portugal & Manchester City)
10. Luka Modric (Kroasia & Real Madrid)

Dalam penghargaan lainnya, pemain U-21 terbaik adalah Jude Bellingham, sedangkan Haaland memenangkan penghargaan Gerd Müller untuk striker terbaik tahun ini.

Penghargaan Lev Yashin untuk kiper terbaik diberikan kepada Emiliano Martinez. Sayangnya kiper Argentina ini mendapat ejekan dan cibiran dari penonton di Theatre du Chatelet termasuk Mbappe dan pelatih Prancis Didier Deschamps.

Lionel Messi berhasil meraih gelar untuk kedelapan kalinya, memperkokoh statusnya sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepakbola. Prestasinya yang luar biasa dan dedikasinya terhadap permainan membuatnya pantas mendapat pengakuan tertinggi dalam dunia sepakbola. Messi memimpin dengan tiga Ballon D’Or lebih banyak dari siapa pun, sebuah pencapaian tak terbantahkan.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *