Blog Post

Gerakan > Election > Kunjungi Kulonprogo, Ganjar Pranowo Diskusi dengan Para Masyarakat Desa
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Kunjungi Kulonprogo, Ganjar Pranowo Diskusi dengan Para Masyarakat Desa

Spread the love

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Desa Jatirejo, Kecamatan Lendah, Kulonprogo, Yogyakarta pada Rabu (15/11/2023) malam. Meskipun hujan gerimis mengguyur, ratusan warga tetap berkumpul untuk menyambut Ganjar dan berpartisipasi dalam diskusi untuk menyampaikan aspirasi langsung mereka.

Ganjar tiba di lokasi pada pukul 20.30 WIB dan menyapa warga yang duduk lesehan di atas tikar. Diskusi berlangsung dengan antusias, meskipun hujan semakin deras, sehingga warga harus berpindah ke teras rumah agar terhindar dari basah kuyub.

Pertemuan tersebut membahas berbagai topik, termasuk kesejahteraan petani, pupuk subsidi, harga beras, dan penanganan stunting. Ganjar menyatakan bahwa warga desa sudah memiliki pemahaman tentang visi misi Ganjar-Mahfud MD, yang menunjukkan tingkat kecerdasan masyarakat desa.

“Jadi masih di daerah desa mereka membaca visi misi saya.” ujar mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Dalam diskusi tersebut, banyak warga mengeluhkan harga beras yang mahal dan keterbatasan pupuk subsidi, namun mereka juga memiliki teknologi pertanian lokal yang perlu perhatian untuk dikembangkan. Ganjar menegaskan bahwa warga punya mindset yang modern, ingin dilatih dan bukan hanya meminta bantuan gratis.

“Mereka ingin dilatih, bukan minta gratisan. Maka, kalau itu tidak perlu menunggu saya jadi presiden hari ini bisa kita kerjakan,” ungkap Ganjar

Meskipun hujan deras, Ganjar mengapresiasi antusiasme warga dan menganggapnya sebagai keberhasilan dalam menjalankan misi politiknya. Ia menyebutkan bahwa kebahagiaannya terletak pada keterlibatan langsung dengan masyarakat desa.

Pertemuan ini menjadi indikator dukungan masyarakat terhadap Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024. Kedatangan Ganjar dalam kondisi hujan sekaligus menunjukkan dedikasinya untuk mendengarkan dan merespons langsung aspirasi masyarakat desa. Terkait dengan pelatihan pertanian, apakah hal ini sejalan dengan visi-misi Ganjar Pranowo & Mahfud MD? Berikut ulasannya terkait rencana Ganjar-Mahfud di bidang pertanian.

Baca Juga: 3 Komoditas Investasi Favorit Ganjar Pranowo

Visi-Misi Ganjar Pranowo – Mahfud MD di Bidang Pertanian

Berikut ini adalah visi misi dari Ganjar-Mahfud yang mendorong pertanian Indonesia, seperti petani di Kulonprogo, Yogyakarta yang meminta diadakannya pelatihan pertanian:

1. Alsintan Modern dan Dukungan Sarana Prasarana (Sub-Program: Kedaulatan Pangan)

Langkah-langkah konkret yang akan diambil melalui visi ini melibatkan pemberian alat-alat modern, benih unggul, dan pupuk berkualitas kepada petani, peternak, dan nelayan. Selain itu, program ini juga akan meningkatkan infrastruktur irigasi, termasuk pembangunan waduk, bendungan, embung, dan sistem irigasi yang lebih efisien.

Peningkatan jaringan jalan yang mendukung kegiatan pertanian juga menjadi prioritas, sambil menyediakan fasilitas cold storage. Integrasi antara pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, perikanan, dan peternakan diharapkan dapat memperkuat rantai pasok agribisnis secara keseluruhan. Ini merupakan langkah-langkah strategis yang diusung dalam rangka meningkatkan kedaulatan pangan dan mendukung sektor pertanian Indonesia secara menyeluruh.

2. Lahan Subur untuk Petani (Sub-Program: Kedaulatan Pangan)

Dalam rangka mendukung Sub-Program Kedaulatan Pangan, fokus utama ditujukan pada dua langkah strategis. Pertama, program ini bertujuan untuk menghentikan konversi lahan pertanian guna memastikan bahwa lahan yang subur dan produktif tetap diperuntukkan bagi petani kecil dan buruh tani. Tindakan ini diambil untuk mencegah berkurangnya lahan yang dapat dimanfaatkan oleh sektor pertanian dan mengamankan sumber daya yang krusial untuk ketahanan pangan.

Selanjutnya, penerapan pengelolaan tata ruang yang adil dan berkelanjutan menjadi langkah kedua yang ditempuh. Hal ini bertujuan untuk mendukung keberlanjutan sektor pertanian dengan mengatur tata ruang secara bijaksana, memastikan distribusi lahan yang adil, dan merespons kebutuhan pertanian secara menyeluruh.

3. Petani, Peternak, dan Nelayan Sejahtera (Sub-Program: Kedaulatan Pangan)

Dalam konteks Sub-Program Kedaulatan Pangan, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen untuk meningkatkan pendapatan petani, nelayan, dan peternak melalui sejumlah langkah strategis. Pertama, melalui kebijakan yang mendukung produksi dalam negeri, mereka bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para pelaku sektor pertanian.

Tindakan ini diharapkan dapat merangsang peningkatan produksi dan, pada gilirannya, membawa dampak positif terhadap pendapatan mereka. Selain itu, pemerintah yang dipimpin oleh Ganjar-Mahfud juga akan memberikan fokus khusus pada kebijakan perdagangan yang mendukung produksi dan kesejahteraan petani.

Melihat visi-misi di atas, rencana pelatihan pertanian yang diusung Ganjar-Mahfud, sebagai bagian dari visi-misi mereka, tampak sejalan dengan aspirasi masyarakat desa. Kehadiran Ganjar Pranowo dalam kondisi hujan menjadi simbol kesungguhan dan antusiasme masyarakat desa yang dapat menjadi indikator dukungan terhadap pasangan calon ini di Pilpres 2024.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *