Blog Post

Gerakan > Daerah > Komitmen Anti Korupsi Ganjar-Mahfud, Ini 9 Nilai Integritas Anti Korupsi

Komitmen Anti Korupsi Ganjar-Mahfud, Ini 9 Nilai Integritas Anti Korupsi

Spread the love

Calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presidennya (cawapres), Mahfud MD, berkomitmen akan membawa Indonesia menjadi lebih baik dan bersih, terlebih dalam isu anti korupsi.

Ganjar menyebutkan, semua harus fokus untuk melayani masyarakat. Ia juga mengungkapkan negara harus menciptakan iklim ekonomi yang baik dan adil.

Hal itu disampaikan oleh Ganjar dalam sambutannya di depan ribuan relawan, di dari Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (19/10/2023), sebelum berangkat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengikuti Pilpres 2024.

“Negara ini harus berjalan dengan baik, negara ini harus berjalan dengan bersih, negara ini harus membawa dirinya untuk anti korupsi dan melayani masyarakat,” ungkap Ganjar.

Ganjar Pranowo juga mengaku berkomitmen akan menciptakan iklim ekonomi yang baik dan adil, yang sama-sama menguntungkan para pengusaha dan para buruhnya, lewat komitmen anti korupsi.

“Ketika rakyat kita semuanya betul-betul mengharapkan buruh bekerja dengan keras, pengusaha harus membanting tulang agar survive dari keadaan ekonomi yang tidak mudah ini, itu adalah cerita tentang kita,” ujar Ganjar Pranowo.

“Dan Insyallah, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya dan Pak Mahfud akan menjalankan tugas itu,” lanjutnya.

Baca Juga: Ganjar–Mahfud MD Usung Semangat Anti-Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme

Kemudian, pada kesempatan itu Ganjar juga menyampaikan, jika dirinya bersama Mahfud maju di Pilpres 2024 bukan lah sekedar mengincar kekuasaan.

“Ini bukan cerita tentang kekuasaan, tapi cerita tentang nasib bangsa, nasib rakyat, cerita tentang anak-anak kita” ungkapnya

“yang butuh perlindungan dan akses pendidikan yang baik, cerita tentang ibu-ibu dan kelompok perempuan yang harus mendapatkan tindakan khusus, cerita penyandang disabilitas yang harus mendapatkan kesataraan,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan budaya anti korupsi yang menyeluruh di negara, maka harus ada upaya pencegahan perilaku koruptif, kita juga harus ikut berperan aktif.

Perilaku koruptif, walaupun bukan tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam undang-undang, harus dihindari sejak dini agar tidak menjadi karakter dan kebiasaan serta membentuk budaya yang sulit diubah.

Contoh perbuatan koruptif mudah kita jumpai, seperti menyontek, bolos kuliah, selalu terlambat, dan lain-lain.

Baca Juga: Janji Ganjar dan Mahfud MD Berantas Korupsi di Indonesia

9 Nilai Integritas Anti korupsi

Untuk menghindari perbuatan koruptif, maka perlu ditanamkan nilai-nilai antikorupsi yang diharapkan dapat menumbuhkan budaya anti korupsi di lingkungan terdekat.

Sembilan nilai integritas yang juga dikenal sebagai nilai antikorupsi yang dirumuskan oleh KPK, adalah bersikap jujur, peduli, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, bekerja keras, sederhana, berani, dan adil.

Untuk mewujudkan komitmen membentuk Indonesia menjadi negara antikorupsi, maka sembilan nilai integritas antikorupsi ini harus bisa ditanamkan dalam seluruh golongan masyarakat.

Jika behasil memenangkan pilpres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki tugas menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai tersebut dalam masyarakat dan juga pemerintahan ke depan.

Selain para pemimpin, kita sebagai masyarakat juga diharapkan bisa berperan aktif dalam mewujudkan budaya anti korupsi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *