Blog Post

Gerakan > Election > Ketahanan Nasional Ala Ganjar Mahfud Lewat Pemanfaatan Ekonomi Baru
Kepedulian Ganjar Terhadap Sektor Pendidikan

Ketahanan Nasional Ala Ganjar Mahfud Lewat Pemanfaatan Ekonomi Baru

Spread the love

Ketahanan Nasional dan visi Ganjar-Mahfud terkait Ekonomi Biru, Ekonomi Hijau, dan Ekonomi Digital menjadi landasan utama untuk membangun masa depan. Fokus pada optimalisasi ekonomi baru menjadi fondasi yang kuat dalam menjaga keuletan dan ketangguhan perekonomian bangsa, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan dari luar maupun dalam negeri.

Visi Ganjar-Mahfud untuk memajukan ekonomi Indonesia sejalan dengan upaya untuk menggerakkan roda ekonomi melalui konsep ekonomi berkelanjutan.

Dalam era ekonomi baru, pasangan Ganjar Pranowo & Mahfud MD menekankan pentingnya intensifikasi informasi dan penggunaan sumber daya baru untuk menciptakan ide-ide inovatif yang dapat mengangkat perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

Seluruh konsep ini diterapkan dengan mematuhi prinsip-prinsip Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Ketahanan nasional di bidang ekonomi memiliki kepentingan mendalam karena menjadi landasan utama untuk menjaga stabilitas dan keberlanjutan negara.

Ketahanan ekonomi memungkinkan suatu negara untuk mengatasi tantangan eksternal seperti krisis ekonomi global, perubahan iklim, atau ketergantungan pada sumber daya asing. Keberlanjutan ini juga membantu negara dalam menangani masalah internal seperti pengangguran, ketidaksetaraan ekonomi, dan ketidakstabilan sosial.

Dalam menghadapi dinamika ekonomi global, Ganjar Pranowo menyoroti pentingnya ekonomi baru yang menjadi langkah kunci dalam memperkuat ketahanan nasional ekonomi Indonesia. Dalam konteks ini, ekonomi baru terdiri dari tiga aspek utama: ekonomi hijau, ekonomi biru, dan ekonomi digital.

Baca Juga: Asal-Usul Pulau Samosir yang Ditengah Danau Toba

Ganjar Pranowo: Ketahanan Nasional Terbuka Lewat Ekonomi Baru 

Ganjar menekankan bahwa pentingnya ekonomi baru akan membuka peluang dan kesempatan kemajuan baru bagi Indonesia.

Ekonomi hijau difokuskan pada perlindungan lingkungan dan transisi menuju energi terbarukan. Ganjar menyoroti investasi besar yang diperlukan untuk transisi ini, mengajak investor baik dari dalam negeri maupun internasional untuk berpartisipasi dalam upaya ini.

Di sisi lain, ekonomi digital menjadi peluang besar dengan pertumbuhan pendapatan yang signifikan, seperti industri gaming yang telah mengalami pertumbuhan pesat.

Ganjar juga menyoroti ekonomi biru, yang melibatkan pengembangan sektor kelautan. Meskipun Indonesia memiliki 77 persen wilayah laut dan perairan, kontribusi sektor maritim terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih rendah.

Ganjar berpendapat bahwa potensi sektor maritim perlu dioptimalkan dengan berbagai solusi, termasuk pengembangan perikanan berkelanjutan dan penggunaan blue carbon untuk menjaga ekosistem laut.

Baca Juga: Alam Ganjar Jadi Idola Baru Kaum Gen-Z!

Secara keseluruhan, strategi ekonomi baru ini, yang mencakup ekonomi hijau, ekonomi biru, dan ekonomi digital, menjadi langkah krusial untuk memperkuat ketahanan nasional bidang ekonomi Indonesia. Selaras dengan visi Indonesia Emas 2045, pasangan Ganjar-Mahfud memandang ekonomi baru sebagai fondasi yang kuat untuk mencapai visi Indonesia Unggul yang berkelanjutan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *