Blog Post

Gerakan > Election > Kepedulian Ganjar Terhadap Sektor Pendidikan
Kepedulian Ganjar Terhadap Sektor Pendidikan

Kepedulian Ganjar Terhadap Sektor Pendidikan

Spread the love

Berbagai Bentuk Kepedulian Ganjar Pranowo Terhadap Sektor Pendidikan

Calon Presiden Ganjar Pranowo merupakan salah satu sosok pemimpin yang terbukti memiliki perhatian nyata dalam sektor pendidikan.

Selama menjabat sebagai Gubernur, Ganjar membuat banyak terobosan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, dan kesejahteraan tenaga ajar.

Visi misinya dan janji-janjinya menjelang Pemilihan Presiden 2024 juga tidak jauh dari mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendidikan.

Kita simak yuk, sepak terjang dan gagasan Ganjar dalam sektor pendidikan.

Tingkatkan Gaji Guru Honorer

Ganjar Sektor Pendidikan

Saat masih menjabat sebagai Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo terus mendorong kesejahteraan guru honorer.

Lebih dari 5000 guru honorer mendapatkan pembiayaan dari APBD Provinsi. Alokasi APBD dengan rata-rata sesuai nilai UMK, ditambah bonus sesuai jenjang pendidikan, sekitar Rp2,6 juta per orang atau dengan total anggaran kurang lebih Rp144 miliar.

Dulunya, gaji guru honorer di Jateng pernah mendapatkan gaji jauh di bawah UMK, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per bulan.

Sekarang, gaji guru honorer di bawah naungan Pemprov Jateng telah menerima penyetaraan gaji yang senilai dengan UMK masing-masing.

Ganjar juga menginstruksikan untuk mengalokasikan sebesar 20 persen dari APBD untuk menunjang bidang pendidikan.

Baca Juga: Agenda Politik Ganjar-Mahfud di Berbagai Kota

Program SMKN Gratis

Ganjar Sektor Pendidikan

Ganjar juga pernah mengusung program SMKN gratis, yang hingga saat ini masih berjalan di Jateng.

Bahkan, Presiden Jokowi sampai meminta Kemendikbudristek untuk melirik program tersebut agar bisa dijadikan contoh menyokong pendidikan di Indonesia.

SMK di Jawa Tengah sudah meluluskan sebanyak 1.837 orang hingga saat ini. SMK Jawa Tengah Semarang meluluskan 825 lulusan, SMK Jawa Tengah Pati meluluskan 336 lulusan, dan SMK Jawa Tengah Purbalingga meluluskan 676 lulusan.

Tahun ini, 258 siswa dari tiga kampus SMK Jawa Tengah menerima ijazah angkatan ketujuh. Hingga 70% alumni telah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Baca Juga: Pentingnya Kewirausahaan Bagi Generasi Muda

Gagasannya Ke Depan

Ganjar Pranowo Dikenal Dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Apa itu?
Ganjar Pranowo Dikenal Dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Apa itu?

Ganjar Pranowo juga kerap menyatakan rencana serta gagasannya untuk masa depan pendidikan Indonesia, salah satunya dengan adanya pengelolaan SDM yang berkualitas.

Hal ini akan dicapai dengan pendidikan yang kompeten, dan dengan terbentuknya SDM yang berkualitas, bahkan bisa menjadi senjata mengatasi jumlah kemiskinan.

Dalam upayanya untuk mendukung pendidikan, Ganjar berkomitmen untuk menyediakan sekolah gratis di seluruh Indonesia bagi masyarakat yang kurang mampu.

Dengan mempermudah akses ini, Ganjar yakin akan membawa dampak positif yang berjangka panjang dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Ganjar juga seringkali menegaskan peran penting pendidikan dalam mengangkat kualitas kemanusiaan serta menciptakan lapangan kerja.

Dan dalam upaya meningkatkan sektor pendidikan, maka kesejahteraan tenaga pengajar juga perlu diperhatikan.

Ganjar sempat menyampaikan harapannya meningkatkan gaji guru hingga menyentuh angka Rp 30 juta per bulan, namun sesuai dengan pengalaman masing-masing.

Ia beralasan, gaji besar sudah selayaknya diterima oleh tenaga pengajar yang merupakan para pahlawan pembentuk masa depan bangsa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *