Blog Post

Gerakan > Election > Keberhasilan Ganjar Turunkan Angka Kematian Ibu di Jateng

Keberhasilan Ganjar Turunkan Angka Kematian Ibu di Jateng

Spread the love

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo pernah menginisiasi program 5Ng (Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng), yang secara harfiah berarti “memantau orang hamil” saat masih menjabat menjadi Gubenur Jawa Tengah

Program 5Ng sendiri merupakan upaya sistematis dan terpadu untuk mengurangi angka kematian Ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa semua ibu hamil mendapatkan pemantauan yang cermat guna memastikan pelayanan kesehatan yang optimal, sehingga ibu dapat selamat dan bayi lahir dengan kondisi sehat.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Janjikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Program 5Ng diimplementasikan melalui empat tahap, yaitu sebelum hamil, selama kehamilan, saat persalinan, dan pada masa nifas. Langkah-langkah ini terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan angka kematian ibu dan bayi

Hal tersebut dapat terlihat dari penurunan sekitar 52% dalam angka kematian ibu (AKI) di Jawa Tengah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jawa Tengah pada tahun 2021, terdapat 1.011 kasus AKI, yang kemudian mengalami penurunan sebanyak 526 kasus menjadi 485 pada tahun 2022.

Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa program ini melakukan deteksi sebelum ibu hamil dengan memeriksa setiap ibu di Jawa Tengah secara rutin. Mereka menjalani perawatan berkala dan pemeriksaan rutin, serta mendapatkan pengobatan jika terdapat kelainan.

Selain menurunkan angka kematian ibu (AKI), program ini juga memiliki efek domino yang signifikan, mengakibatkan penurunan drastis tingkat stunting dalam empat tahun terakhir. Pada 2018, tingkat stunting mencapai 24,4%, kemudian turun menjadi 18,3% pada tahun berikutnya. Selanjutnya, pada 2020 mencapai 14,5%, kemudian turun menjadi 12,8% pada 2021, dan pada tahun 2022 menurun lagi menjadi 11,9%.

Ganjar Dapatkan Penghargaan Setyalancana Wira Karya 2023 dari BKKBN

Karena program dan dedikasinya dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di wilayah Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meraih penghargaan Setyalencana Wira Karya Tahun 2023 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN).

Baca Juga : Daftar Lengkap Juru Kampanye Ganjar-Mahfud

Saat menerima penghargaan pada Senin (19/6/2023), Ganjar mengungkapkan bahwa sebelumnya timnya berpendapat bahwa tingginya angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) disebabkan oleh fasilitas yang kurang baik di rumah sakit.

Namun, setelah pemeriksaan lebih lanjut, diketahui bahwa kurangnya komunikasi, terutama di antara jaringan pemberi pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan, juga menjadi penyebab utama.

Setelah observasi mendalam, Ganjar memutuskan untuk meluncurkan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG) sebagai inisiatif pencegahan kematian ibu, bayi, dan balita di Jawa Tengah.

Penghargaan Satyalancana Wira Karya diberikan kepada kepala daerah yang telah memberikan jasa, prestasi, komitmen, dan kontribusi besar terhadap negara dan bangsa Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana di wilayahnya.

Pemberian tanda kehormatan ini kepada Gubernur Jawa Tengah diajukan kepada Presiden berdasarkan komitmen, kontribusi, dan dedikasi yang luar biasa dalam pelaksanaan program Bangga Kencana serta upaya percepatan penurunan stunting di Jawa Tengah selama masa jabatannya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *