Blog Post

Gerakan > News > Keberhasilan Bisnis Ternak Ayam Petelur di Desa Keteleng
bisnis ayam petelur

Keberhasilan Bisnis Ternak Ayam Petelur di Desa Keteleng

Spread the love

Sebuah bisnis ternak ayam petelur di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, menjadi teladan kolaborasi mahasiswa dan program pembinaan wirausaha. Bisnis ini digagas oleh tim mahasiswa dari

Program Studi Manajemen Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan berhasil berkembang berkat dukungan dana dan bimbingan dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Tim ini dipimpin oleh Ahmad Thohir dan anggotanya Wahyu Nefi Lutfiyani, Rahayuningsih serta Kama Pangestu. Mereka melihat potensi pengembangan bisnis peternakan ayam petelur di Desa Keteleng, yang merupakan daerah pedesaan dengan populasi ayam petelur yang cukup besar.

Dengan dukungan dana dan bimbingan dari P2MW, tim mahasiswa ini berhasil membangun kandang ayam petelur dengan kapasitas 1.000 ekor. Mereka juga mendapatkan pelatihan tentang cara beternak ayam petelur yang baik dan benar.

Bisnis ternak ayam petelur ini telah berjalan selama satu tahun dan telah menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Keuntungan tersebut digunakan untuk mengembangkan bisnis, seperti menambah kapasitas kandang dan membeli peralatan baru.

Keberhasilan bisnis ternak ayam petelur ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara mahasiswa dan program pembinaan wirausaha dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kolaborasi ini dapat memberikan dukungan dana, bimbingan, dan pelatihan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk menjalankan usaha mereka.

Ternak ayam merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Dengan modal yang relatif kecil, kita bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Namun, untuk mencapai kesuksesan, kita harus melakukan budidaya ayam dengan cara yang baik dan benar.

Berikut adalah beberapa cara beternak ayam yang baik:

  1. Memilih bibit yang berkualitas

Bibit ayam merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan usaha ternak ayam. Oleh karena itu, kita harus memilih bibit ayam yang berkualitas. Bibit ayam yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sehat dan tidak cacat
  • Aktif bergerak
  • Memiliki bulu yang mengkilap
  1. Membuat kandang yang sesuai

Kandang ayam harus dibuat dengan desain yang sesuai agar ayam dapat hidup dengan nyaman dan sehat. Kandang ayam harus memiliki ukuran yang cukup luas agar ayam dapat bergerak dengan leluasa. Kandang ayam juga harus dilengkapi dengan ventilasi yang baik agar udara di dalam kandang tetap segar.

  1. Memberikan pakan dan minum yang cukup

Pakan dan minum merupakan kebutuhan pokok ayam. Oleh karena itu, kita harus memberikan pakan dan minum yang cukup kepada ayam. Pakan ayam harus mengandung nutrisi yang lengkap agar ayam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

  1. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang sangat penting untuk menjaga kesehatan ayam. Kandang ayam harus dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya penyakit.

  1. Memberikan vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mencegah ayam dari berbagai penyakit. Ayam harus diberikan vaksinasi secara rutin sesuai dengan jadwal yang dianjurkan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk beternak ayam yang baik:

  • Perhatikan suhu dan kelembaban kandang
  • Lakukan kontrol kesehatan secara rutin
  • Kelola limbah dengan baik
  • Pilih lokasi kandang yang tepat

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, kita dapat meningkatkan peluang keberhasilan usaha ternak ayam.

 

Manfaat dari koloborasi

Berikut adalah beberapa manfaat dari kolaborasi antara mahasiswa dan program pembinaan wirausaha:

  • Meningkatkan keterampilan wirausaha mahasiswa. Program pembinaan wirausaha dapat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan wirausaha mereka.
  • Membantu mahasiswa untuk menjalankan usaha mereka. Program pembinaan wirausaha dapat memberikan dukungan dana dan bimbingan kepada mahasiswa untuk menjalankan usaha mereka.
  • Meningkatkan perekonomian masyarakat. Usaha yang dijalankan oleh mahasiswa dapat memberikan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kolaborasi antara mahasiswa dan program pembinaan wirausaha dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan wirausahawan muda di Indonesia. Dengan dukungan yang tepat, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *