Blog Post

Gerakan > Daerah > Jadi Keluarga Adat Suku Hassor, Ganjar Pranowo: Mengharukan, Sekuat Tenaga Saya Akan Memahami Papua!
Ganjar Pranowo

Jadi Keluarga Adat Suku Hassor, Ganjar Pranowo: Mengharukan, Sekuat Tenaga Saya Akan Memahami Papua!

Spread the love

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menghadiri sebuah prosesi adat di Jayapura, Papua, di mana ia diangkat menjadi anak adat oleh Kepala Suku Hassor, Gerson Yulianus Hassor. Acara ini memiliki makna mendalam, diwarnai dengan kehangatan sambutan dari masyarakat setempat. Melalui prosesi adat yang dipimpin oleh Ondoafi kota Tabi, Port Numbay, Sairere, Ganjar disambut dengan keharuan yang luar biasa.

“Hari ini saya mendapatkan sesuatu yang luar biasa yang membikin hati kami getar, bikin perasaan kami bergetar karena hadir orang tua kami dan mengangkat kami sebagai sebuah keluarga di mana tentu kampung kami sangat jauh dari sini,” ungkap Ganjar, Rabu (22/11/2023).

Dalam momen yang penuh emosional ini, Ganjar menegaskan pentingnya menjaga tali persaudaraan antara anak bangsa. Ia menggambarkan Papua sebagai keluarga dan saudara bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dari sini kami merasa Papua keluarga kami. Papua saudara kami, kami belum baca tapi kamu belum tau persis ini adalah pesan-pesan baik, pesan kemanusiaan pesan untuk damai dan sejahtera,” tambahnya.

Prosesi adat tersebut tidak hanya mencakup pengangkatan Ganjar sebagai anak adat Suku Hassor, tetapi juga dihadiri oleh doa Ondoafi untuk kesuksesan Ganjar pada Pemilihan Presiden 2024. Gerson Yulianus Hassor, Kepala Suku Hassor, menyampaikan harapannya.

“Jadi Bapak sudah di tempat ini, besok Bapak jadi Presiden yang direstui oleh para Ondoafi kota Tabi, Port Numbay, Sairere.” harap Gerson.

Dalam kesempatan ini, Ganjar juga diberikan titipan adat berupa ikat selempang, noken, dan mahkota khas Papua. Gerson Yulianus Hassor menjelaskan bahwa pengangkatan Ganjar sebagai bagian dari keluarga adat adalah sebuah acara adat yang sarat makna.

Baca Juga: Jawa Tengah Tidak Gentar untuk Ganjar-Mahfud, Bambang Pacul: Optimis 11 Juta Suara!

Ganjar Pranowo: Pentingnya Dialog dengan Masyarakat Papua

Sebagai tambahan, Ganjar Pranowo menyoroti pentingnya dialog dan kerjasama antara pemerintah pusat dan masyarakat Papua.

“Saya akan sekuat tenaga untuk bisa memahami. Dan kami senang kalo kesempatan berikut kita duduk bersama kita bicara bersama sebagai keluarga,” tandasnya.

Menyikapi momen ini, kita dapat merasakan kehangatan tali persaudaraan yang terjalin antara Ganjar dan masyarakat Papua. Ketulusan Ganjar dalam menggambarkan Papua sebagai bagian dari keluarga dan saudara menjadi pesan kunci dalam momen tersebut.

Dalam konteks ini, Ganjar menegaskan bahwa Papua bukan hanya wilayah, melainkan keluarga bagi semua warga Indonesia.

“Terkait dengan ini, kami merasa Papua adalah bagian dari keluarga kami. Papua adalah saudara kami. Kami mungkin belum sepenuhnya memahami, tetapi kami telah menerima pesan-pesan baik, pesan kemanusiaan, pesan perdamaian, dan pesan untuk keberlanjutan kesejahteraan,” terang Ganjar.

Sebagai penutup, Gerson Yulianus Hassor menyampaikan harapannya bahwa Ganjar Pranowo, jika terpilih menjadi Presiden, tidak akan melupakan masyarakat Papua.

“Harapan ke Pak Ganjar lebih baik lagi, jadi Presiden,” pungkasnya.

Sebagai pemimpin yang diangkat menjadi keluarga adat oleh Suku Hassor, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memahami dan memajukan kesejahteraan Papua. Dalam perjalanan menuju Pemilihan Presiden 2024, harapan dan dukungan dari masyarakat Papua menjadi modal berharga bagi Ganjar. Momen pengangkatan ini menjadi bukti nyata bahwa kerjasama antara tokoh nasional dan masyarakat lokal dapat membangun fondasi yang kuat untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *