Blog Post

Gerakan > Election > Ingat! Debat Capres-Cawapres Digelar Lima Kali!
capres cawapree

Ingat! Debat Capres-Cawapres Digelar Lima Kali!

Spread the love

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur tentang penyelenggaraan debat bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.

Menurut Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2023, debat antara pasangan capres dan cawapres dalam Pemilu 2024 akan dilakukan sebanyak lima kali. Dari jumlah tersebut, tiga kali debat akan melibatkan capres, sementara cawapres akan terlibat dalam dua kali debat.

“Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1),khusus untuk format rincian 5 (lima) kali dapat dilakukan perubahan oleh KPU setelah berkoordinasi dengan DPR,” demikian bunyi Pasal 50 dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 dikutip pada Jumat (27/10/2023).

Baca Juga : Kereta Cepat Whoosh Catat Rekor Angkut 11.329 Penumpang Kemarin

Pasal 50 dalam peraturan tersebut juga mengamanatkan bahwa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang mengikuti debat harus secara langsung hadir dalam debat tersebut dan tidak diperbolehkan mengutus orang lain sebagai perwakilannya.

“Calon Presiden dan/atau calon Wakil Presiden yang tidak mengikuti debat Pasangan Calon karena melaksanakan ibadah, dibuktikan dengan surat keterangan dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan disampaikan kepada KPU paling lambat 3 (tiga) Hari sebelum pelaksanaan debat,” demikian bunyi Pasal 50 ayat (3) Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023.

Sementara itu, bagi capres dan cawapres yang berhalangan hadir dalam debat karena alasan kesehatan, mereka harus menyediakan bukti berupa surat keterangan dari dokter yang bekerja di rumah sakit pemerintah. Surat keterangan tersebut harus diserahkan kepada KPU sebelum pelaksanaan debat berlangsung.

“Dalam hal terdapat alasan ketidakhadiran Calon Presiden dan/atau Calon Wakil Presiden sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) KPU berwenang menetapkan kebijakan lain untuk memenuhi ketentuan 5 (lima) kali debat Pasangan Calon,” demikian bunyi Pasal 50 ayat (4) Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023.

Menanti Debat Cawapres

Tiga pasangan calon peserta Pemilihan Presiden 2024 telah secara resmi diumumkan oleh partai politik yang mendukung mereka, yakni Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud Md, dan Prabowo-Gibran. Kini, perhatian publik tertuju pada saat-saat debat yang akan melibatkan calon wakil presiden dari masing-masing pasangan.

Debat calon wakil presiden antara Mahfud Md dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 sangat dinantikan oleh masyarakat. Budayawan dari Yogyakarta, Butet Kartaredjasa, menyatakan bahwa debat ini akan menjadi tontonan menarik karena keduanya memiliki latar belakang dan pengalaman yang sangat berbeda.

“Saya justru mengharapkan Mas Gibran itu maju jadi wapres karena saya sangat merindukan nanti kalau ada perdebatan, wapresnya debat, 35 tahun lawan professor Mahfud Md, apik banget,” kata Butet ketika ditemui di M Bloc, Jakarta Selatan pada Senin (23/10/2023).

Baca Juga : 5 Alasan Terjadinya Tingkat Pengangguran Tinggi di Indonesia, Nomor 3 Jadi Sorotan Ganjar Pranowo Capres 2024

Sebagai catatan, penunjukan Gibran sebagai calon wakil presiden, terutama karena statusnya sebagai putra sulung Presiden Joko Widodo, telah memicu beragam reaksi dan perdebatan. Keputusan tersebut diambil setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan terkait batas usia untuk calon presiden dan wakil presiden.

“Itu perdebatan paling keren wapres sepanjang sejarah Indonesia, profesor doktor dan berpengalaman dua tahun. Dua tahun kok berpengalaman,” lanjut Butet.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *