Blog Post

Gerakan > Election > Indonesia Darurat Gangguan Kesehatan Jiwa, Ganjar-Mahfud Punya Solusinya!
Indonesia Darurat Gangguan Kesehatan Jiwa, Ganjar-Mahfud Punya Solusinya!

Indonesia Darurat Gangguan Kesehatan Jiwa, Ganjar-Mahfud Punya Solusinya!

Spread the love

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyoroti dampak ekonomi yang diakibatkan oleh gangguan kesehatan jiwa, baik pada individu maupun beban ekonomi negara. Dalam menghadapi hal ini menjelang Pemilihan Presiden 2024, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, telah merancang strategi khusus.

Menurut Kepala Deputi III Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK, Y.B Satya Sananugraha, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa gangguan kesehatan mental memberikan beban ekonomi negara rata-rata senilai 1 triliun dolar Amerika Serikat (AS) per tahun.

Laporan WHO menyatakan bahwa nilai ini mencakup biaya pengobatan, perawatan, dan rehabilitasi, serta kerugian produktivitas dan biaya akibat gangguan kesehatan jiwa.

Meski tidak menyebutkan secara langsung total pengeluaran Pemerintah RI untuk penanganan gangguan kesehatan jiwa, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada 2018 memperkirakan nilai kerugian ekonomi akibat gangguan kesehatan mental di Indonesia mencapai Rp20 triliun per tahun.

Dalam menanggulangi masalah ini, Kemenko PMK mendorong penguatan kebijakan inovatif dan komprehensif, termasuk perluasan upaya promosi kesehatan di sekolah dan kelompok masyarakat, pembangunan residensi kesehatan jiwa sejak usia dini, dan pemanfaatan teknologi untuk skrining kesehatan.

Baca Juga: Mahfud MD Soroti Beredarnya Penipuan Tiket Palsu di Konser Coldplay

Strategi Jitu Ganjar-Mahfud Mengatasi Gangguan Kesehatan Jiwa Masyarakat Indonesia

1. Buka Pos Layanan Kesehatan Jiwa 24 Jam

Ganjar-Mahfud menunjukkan strategi jitu dengan merencanakan nomor darurat 24 jam khusus untuk menangani masalah kesehatan mental. Layanan ini akan disediakan secara gratis, dengan lembaga komunikasi krisis terkait persoalan ini sesuai dengan visi-misi Ganjar-Mahfud. Ini bertujuan untuk memberikan solusi aksesibilitas yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan sepanjang waktu.

“Ada penyediaan nomor darurat 24 jam dalam 7 hari, membangun komunikasi krisis untuk menangani masalah kesehatan mental secara holistik,” ujar juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN), Sunanto.

2. Bangun Fasilitas Pos Konseling di Kampus, Puskesmas, Hingga Rumah Sakit Umum

Ganjar-Mahfud memprioritaskan penanganan serius terhadap isu kesehatan jiwa di kalangan anak muda. Ganjar berkomitmen untuk meningkatkan akses layanan kesehatan mental dengan membuka pos konseling di berbagai tempat, termasuk kampus, puskesmas, dan rumah sakit umum. Langkah ini mencerminkan komitmen mereka untuk memastikan kesehatan mental menjadi prioritas dalam pembangunan masa depan Indonesia.

Pada perjalanan menuju Pemilihan Presiden 2024, pasangan calon Ganjar-Mahfud menunjukkan strategi jitu dalam mengatasi dampak ekonomi dan sosial dari gangguan kesehatan jiwa. Dengan mengedepankan kebijakan inovatif, mereka merencanakan pos layanan kesehatan jiwa 24 jam dan pembangunan fasilitas konseling di berbagai lokasi, termasuk kampus dan puskesmas. Ini merupakan langkah konkret dan terukur dalam memprioritaskan kesehatan mental masyarakat Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *