Blog Post

Gerakan > Nasional > Hobi Membaca dan Pesan Dari Mahfud MD

Hobi Membaca dan Pesan Dari Mahfud MD

Spread the love

Mahfud MD, seorang tokoh yang dikenal di dunia politik Indonesia, telah membagikan pengalaman pribadinya tentang minat membaca yang dimilikinya sejak masa kecil. Membaca adalah hobi yang memiliki banyak manfaat, namun mungkin tidak banyak yang menduga bahwa buku favoritnya tidak berkaitan dengan bidang hukum yang menjadi spesialisasinya.

Ternyata, salah satu buku yang sangat dia sukai adalah cerita silat karya Kho Ping Hoo. Pada tanggal 11 Agustus 2020, Mahfud MD berbagi sejarah dan makna hobi membaca dalam hidupnya melalui akun Instagramnya, @mohmahfudmd.

Baca Juga: Memahami Peran Infrastruktur Parawisata

Sejak kecil, Mahfud MD telah mengembangkan minat dalam membaca, dan dia percaya bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat penting bagi para pemuda. Dalam unggahan tersebut, ia menuliskan, “Anak muda harus suka membaca buku. Hobi membaca saya sudah dimulai sejak kecil.” Pernyataan ini menunjukkan bahwa Mahfud MD ingin mendorong generasi muda untuk menjelajahi dunia pengetahuan melalui membaca.

Salah Satu Karya Favorit Mahfud MD

Salah satu minat khusus Mahfud MD adalah membaca cerita silat karya Kho Ping Hoo. Melalui pesan di Instagram, ia mengungkapkan, “Saya sangat menyukai cerita silat Kho Ping Hoo.” Buku-buku cerita silat ini telah menjadi bagian penting dari pengalaman membacanya dan telah memberikan dampak yang signifikan pada pemikirannya.

Namun, bagi Mahfud MD, cerita silat Kho Ping Hoo bukan sekadar hiburan semata. Dia melihat bahwa karya-karya Kho Ping Hoo mengandung banyak nilai kearifan dan kebijaksanaan yang bisa dipetik. Setiap buku cerita silat mengandung pesan-pesan tersembunyi yang mengajarkan tentang nilai-nilai moral dan etika.

Mahfud MD menjelaskan, “Selalu ada pesan ini: jangan jahat, jangan makan yang haram karena hal-hal ini akan membuat hidup selalu resah dan gelisah.” Pernyataan ini mencerminkan pemahaman Mahfud MD tentang pentingnya etika, moralitas, dan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian besar karya Kho Ping Hoo mencakup tema-tema seperti kebaikan, kesetiaan, persahabatan, dan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Pesan-pesan moral ini tercermin dalam karakter-karakter dalam cerita silat karya Kho Ping Hoo, dan Mahfud MD telah mendapat inspirasi dari kisah-kisah ini.

Melalui pengalamannya membaca buku cerita silat Kho Ping Hoo, Mahfud MD mengingatkan kita akan pentingnya membaca dalam pengembangan diri. Selain itu, ia juga mengajarkan kita untuk selalu menghormati nilai-nilai kebaikan, menjauhi perbuatan jahat, dan menjaga etika dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam dunia yang serba cepat dan kompleks, minat membaca dan pengejaran nilai-nilai moral dalam sastra seperti cerita silat adalah hal yang patut dihargai. Mahfud MD adalah contoh nyata bahwa seorang tokoh masyarakat dapat menemukan hikmah dan kebijaksanaan dalam hal-hal sederhana seperti membaca buku cerita silat. Semoga pengalaman dan pandangan beliau menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih mendalami dunia sastra dan mengupayakan kebaikan dalam kehidupan kita.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *