Blog Post

Gerakan > Election > Gaya Komunikasi ala Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo makan Gultik

Gaya Komunikasi ala Ganjar Pranowo

Spread the love

Calon presiden Ganjar Pranowo, merupakan seorang tokoh publik yang mudah bersosialisasi dan sering ditemui oleh masyarakat melalui gaya komunikasi yang unik dan ramah.

Kepemimpinan Ganjar mencerminkan kemampuan adaptasi dengan zaman, khususnya dalam cara berkomunikasi terbuka dan santai dengan masyarakat. Aktivitasnya di media sosial dan kebiasaannya menginap di rumah warga menunjukkan kesediaannya untuk berhubungan langsung.

Media sosial menjadi alat komunikasi utama dalam strategi komunikasi Ganjar. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini berhasil membangun citra sebagai “Rockin Governor for Jateng Democracy” dengan pendekatan dinamis dan modern.

Ganjar dikenal dengan Personal Branding sebagai “Rockin Governor for Jateng Democracy,” . Julukan itu dimulai di mana dalam kampanyenya pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, ia menggabungkan unsur musik Rock. Kemenangannya sebagai Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan PDI Perjuangan mencapai 48,7%. Pada 23 Agustus 2013, ia resmi dilantik sebagai Gubernur.

Baca Juga : Alam Ganjar Jadi Idola Baru Kaum Gen-Z!

Hingga saat ini, akun resmi Instagramnya dengan lebih dari 6,5 juta pengikut menunjukkan kehebatannya dalam berkomunikasi. Ganjar menggunakan platform media sosial untuk menceritakan kunjungannya ke berbagai elemen masyarakat, menampilkan keanekaragaman budaya di berbagai daerah, mengulas hidangan khas dari berbagai kota, dan memberikan pandangan dari masyarakat di luar daerah terkait isu-isu yang mungkin belum dikenal.

Pendapat Ahli Mengenai Gaya Komunikasi Ganjar

Ganjar Makan Bareng Sopir Truk di Lampung
Ganjar Makan Bareng Sopir Truk di Lampung

Ester Krisnawati, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW Salatiga), menilai bahwa pendekatan komunikasi Ganjar, yang melibatkan kunjungan langsung ke lapangan, adalah metode yang efektif untuk memahami kondisi masyarakat secara langsung.

Ganjar telah melakukan kegiatan blusukan hingga menginap di rumah warga sejak awal masa jabatannya. Melalui program ngopi bareng gubernur, Ganjar umumnya menyertakan kegiatan tersebut dengan menginap di rumah salah satu warga. Namun, kegiatan rutin ini sempat terhenti karena dampak pandemi COVID-19.

Selain Program Ngopi Bareng, Ganjar juga secara langsung meninjau program-program yang diterapkan di wilayah tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan kesesuaian dan manfaat nyata dari program tersebut. Dalam setiap kegiatan di desa, Ganjar tidak pernah menerapkan protokol formal, sehingga ia bisa bebas berinteraksi dengan masyarakat.

Esther menyatakan bahwa di zaman ini, kepemimpinan yang bersifat egaliter sangat diperlukan, di mana pemimpin dapat berkomunikasi secara langsung dan tanpa hambatan dengan masyarakat serta aktif terlibat secara langsung di lapangan.

Baca Juga : Ganjar: Kekuatan Rakyat Adalah Absolut!

Ia juga menekankan bahwa gaya komunikasi yang diterapkan oleh Ganjar mirip dengan pendekatan yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo.

“Seorang pemimpin itu kalau mau melihat kondisi riil masyarakat, kondisi riil daerahnya, kondisi pimpinan-pimpinan di daerah, harusnya seperti itu. Bisa terjun langsung ke sana. Bahasa lamanya itu ‘sidak’, namun sebenarnya bukan sidak, ya tapi mau melihat bagaimana kondisi masyarakat di sana. Nah, itu yang bisa dilakukan,” kata Ester melalui keterangannya, Senin (13/11/2023).

Dia menekankan bahwa saat ini penting memiliki pemimpin yang bersifat egaliter, mampu berkomunikasi tanpa hambatan dengan masyarakat, dan selalu aktif terlibat langsung di lapangan.

Pemimpin egaliter mengacu pada pemimpin yang menerapkan pendekatan kesetaraan atau kesamaan di antara anggota masyarakat. Pendekatan ini menekankan kesetaraan hak dan keterlibatan aktif seluruh anggota masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Pemimpin egaliter seringkali terlibat langsung dengan masyarakat untuk memahami kebutuhan dan aspirasi mereka.

Menurut Ester, gaya komunikasi Ganjar dianggap efektif dan sesuai dengan generasi saat ini yang terbiasa dengan teknologi. Menurutnya, tindakan Ganjar telah tepat, karena masyarakat dapat melihat bahwa sosok Ganjar yang terlihat di media sosial sama dengan yang ditemui langsung, yaitu sosok yang sederhana dan mudah berkomunikasi dengan siapa saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *