Blog Post

Gerakan > Election > Gaya Kepemimpinan Ganjar Pranowo
sektor pendidikan ganjar

Gaya Kepemimpinan Ganjar Pranowo

Spread the love

Ganjar Pranowo, seorang calon presiden populer yang dikenal karena daya cipta, populisme, dan bakat teknologinya, adalah salah satu pemimpin terbaik di Indonesia.

Mengingat ia menjabat selama dua periode, yakni pada 2013 hingga 2018 dan 2018 hingga 2023, efektivitasnya sebagai pemimpin sudah terlihat.

Prestasinya yang meraih 40 penghargaan dalam waktu kurang dari satu tahun merupakan bukti nyata kehebatan kepemimpinannya.

Setiap orang yang mengikuti Ganjar Pranowo masih menyimpan kenangan indah tentangnya. Mereka memandang Ganjar sebagai sosok yang menginspirasi dan patut dibanggakan.

Provinsi Jawa Tengah dilaporkan telah mengalami sejumlah perubahan yang menggembirakan, yang menunjukkan bahwa pemimpin yang efektif adalah mereka yang memanfaatkan pengetahuan akademis dan pengalaman dunia nyata.

Baca Juga: Ganjar: Kalau Pemilu Nanti Bisa Jurdil, Kita Mesti Bangga Sama Demokrasi Indonesia

Ganjar Pranowo, Pemimpin Inovatif Indonesia, dianugerahi penghargaan pada Government Awards 2019, yang menunjukkan kapasitasnya dalam kepemimpinan inovatif.

Kemampuan kepemimpinan Ganjar Pranowo yang luar biasa sebagian berasal dari pengalamannya di DPR sebelumnya.

Oleh karena itu, keterampilan kepemimpinan Ganjar Pranowo sulit dipisahkan dari pengalaman dan potensinya.

Ganjar Pranowo adalah calon presiden yang menarik karena pendekatannya yang tak kenal takut dan teguh dalam segala hal.

Ganjar menggunakan karismanya untuk mempengaruhi masyarakat hingga setiap orang memiliki keyakinan penuh terhadap pemimpinnya dan termotivasi untuk terus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Hal ini berkaitan dengan penerapan kepemimpinan adaptif yang dilakukan Ganjar sebelumnya, sehingga mampu menangani permasalahan pandemi Covid-19 dengan sukses.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Ciptakan Desa Mandiri Pangan

Menurut Hanna Rahmi, dosen Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta, latar belakang keluarga Ganjar Pranowo menunjukkan karakter dan gaya kepemimpinannya.

Hal ini karena bermain peran memungkinkan seseorang untuk melihat karakter seseorang, misalnya dalam lingkungan keluarga.

“Secara lingkup kecil yakni keluarga, Ganjar menunjukkan perannya sebagai kepala rumah tangga yang penuh kehangatan, perhatian, dan kasih sayang. Bagaimana sikap dan peranannya kepada istri dan anak semata wayangnya adalah cerminan bagaimana beliau akan memimpin masyarakat dengan skala besar,” Ungkap Hanna.

Hanna menilai Alam Ganjar adalah contoh baik bagaimana Ganjar Pranowo membesarkan dan mendidik anak-anaknya.

Hanna mengatakan, kepribadian Ganjar dibentuk oleh orang tuanya yang membesarkannya secara mandiri, jujur, intelektual, dan diplomatis tanpa terkesan menggurui.

Hanna menyimpulkan, sifat positif Ganjar terlihat dari pribadi Alam Ganjar di hadapan publik.

Diakuinya, gaya kepemimpinan Ganjar mengutamakan kebutuhan keluarga saat menghadapi kesulitan.

Hanna juga mengungkapkan, latar belakang dan teladan seseorang mungkin bisa digunakan untuk menilai karakter dan sikap seseorang.

Hanna mengenang, Ganjar tidak memiliki ciri khas sejak lahir. Karena kegigihannya, Ganjar mampu naik ke puncak industrinya.

Lebih lanjut disebutkan bahwa memimpin keluarga yang sukses hanyalah salah satu aspek dari menjadi pemimpin yang sukses.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *