Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Terkesima oleh Petani Milenial Purbalingga

Ganjar Terkesima oleh Petani Milenial Purbalingga

Spread the love

Kunjungan Calon Presiden Ganjar Pranowo ke Desa Karangpucung di Kecamatan Kertanegara, Purbalingga, Jawa Tengah, menjadi momen penting untuk mengapresiasi kreativitas dan kerja keras para petani milenial yang telah mengubah lahan bengkok menjadi sebuah agrowisata yang sukses. Ganjar Pranowo begitu terkesan dan kagum atas prestasi mereka.

Petani milenial di wilayah tersebut yang diwakili oleh Tri Bowo Pangestika mengaku telah berhasil menciptakan agrowisata yang menghasilkan berbagai produk pertanian dan peternakan, termasuk melon, sayur-sayuran, sapi, domba, kelinci, lele, dan jangkrik.

Mereka mengelola lahan seluas enam hektar dan terorganisasi dalam 10 kelompok dengan lebih dari 150 anggota. 10 kelompok itu ternyata memanfaatkan lahan bengkok di desa Karangpucung yang luasnya mencapai 6 hektar.

“Kami ada 10 kelompok dan anggotanya ada 150 lebih. Kami memanfaatkan tanah bengkok desa seluas 6 hektar dan dikelola untuk pertanian dan budidaya peternakan,” kata Bowo kepada Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Selain itu, proses budidaya pertanian dan peternakan di lahan bengkok tersebut ternyata sangat sukses, terutama saat musim panen melon, hasilnya cepat terjual, dan permintaan pasar yang tinggi. Mereka bahkan mengaku kesulitan memenuhi permintaan karena produk mereka sangat diminati.

Baca Juga: Lionel Messi Meraih Ballon d’Or ke-8

“Kami punya 4 greenhouse untuk budidaya melon hidroponik. Kami Kelola budidaya melon dengan teknologi yang sangat sederhana yang kami sebut NFT. Satu greenhouse bisa menghasilkan satu ton dan biasanya dua hari setelah panen langsung habis. Kami sampai kewalahan melayani permintaan pasar,” sambungnya.

Ganjar Pranowo pun mengaku kagum dan bangga atas upaya Tri Bowo dan petani milenial lainnya dalam mengubah lahan bengkok menjadi agrowisata yang sukses.

Ia menyoroti kreativitas Bowo dalam memanfaatkan lahan yang tidak lazim untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan berhasil. Ganjar juga memberikan apresiasi terhadap upaya Bowo dalam melibatkan generasi muda dalam proyek ini.

“Ini keren ya, Mas Bowo ini kreatif banget. Dia punya imajinasi untuk memanfaatkan segala sesuatu menjadi nilai tambah. Dia memanfaatkan lahan bengkok desa untuk membuat agrowisata ini,” kata Ganjar Pranowo Senin, (30/10/2023).

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyarankan bahwa model serupa dapat diterapkan di daerah lain di Indonesia. Dia menekankan pentingnya pemerintah dalam memfasilitasi inisiatif positif seperti ini, yang dapat menciptakan dampak ekonomi positif dan melibatkan banyak generasi muda sebagai motor penggerak perubahan.

“Ini adalah model yang bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Sebuah inovasi yang dimulai dari tingkat desa dengan teknologi buatan sendiri yang mampu menciptakan dampak ekonomi positif,” ujar Ganjar Pranowo

Kisah sukses petani milenial seperti Bowo dalam mengembangkan proyek agrowisata di Desa Karangpucung adalah contoh nyata dari inovasi dan upaya keras dalam sektor pertanian. Calon Presiden Ganjar Pranowo dengan tegas mendukung sektor ini dalam perjalanan menuju masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *