Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Terkait Kesejahteraan Petani Jawa Tengah
Ganjar Bersama Petani Milenial di Purbalingga, Jawa Tengah

Ganjar Terkait Kesejahteraan Petani Jawa Tengah

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo telah mencapai banyak prestasi saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode sebelumnya. Kesejahteraan masyarakat di Jawa Tengah saat ini sangat terkait dengan peran penting yang dimainkan oleh Ganjar Pranowo saat itu.

Dalam kepemimpinannya, kondisi ekonomi telah mengalami peningkatan dan perbaikan di berbagai sektor. Sejak Ganjar Pranowo memimpin, tampaknya kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah terus meningkat dari waktu ke waktu. Inovasi dan program yang diperkenalkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tampaknya memberikan dampak positif kepada masyarakat, terutama yang berada di kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Keberhasilan Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduknya adalah hasil dari kerja keras dan inovasi Pemerintah Provinsi Jateng di bawah pimpinan Ganjar Pranowo, yang juga merupakan Bakal Calon Presiden 2024 yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura. Berkat berbagai program yang diperkenalkan, Jateng telah berhasil mencapai kemajuan signifikan dalam berbagai aspek, termasuk ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Baca Juga : Ganjar Terkesima oleh Petani Milenial Purbalingga

Ganjar Berkunjung Ke Desa Teh Premium
Ganjar Pranowo mengunjungi desa terpencil di kaki Gunung Gede, Cianjur Jawa Barat. Foto/Tim media Ganjar Pranowo

Penggerak Ekonomi Jawa Tengah

Salah satu contohnya adalah perhatian yang diberikan kepada kesejahteraan petani. Ganjar juga telah mengambil tindakan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayahnya. Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwi Saputra, sektor pertanian dan pangan telah menjadi motor penggerak pertumbuhan di Jawa Tengah.

Rahmat menyatakan bahwa sektor pertanian berkontribusi sebesar 14,64 persen dalam perekonomian Jawa Tengah, dengan kontribusi terbesar dari subsektor pertanian, peternakan, perburuan, dan jasa pertanian sebesar 89,58 persen. Menurut data dari Bank Indonesia Jawa Tengah, sebagian besar peningkatan nilai dalam sektor pertanian (sekitar 93,78 persen) berasal dari pekerjaan pertanian, produksi, operator, dan pekerja kasar yang tidak memiliki keterampilan khusus. Hanya sekitar 5,58 persen berasal dari modal.

Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa sektor pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi Jawa Tengah, yang didukung oleh berbagai program yang ditujukan untuk kesejahteraan petani, seperti Kartu Tani. Program Kartu Tani bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Jawa Tengah, memungkinkan mereka mendapatkan pupuk subsidi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta layanan perbankan. Dari 2,8 juta petani di Jawa Tengah, sekitar 2,5 juta petani telah menerima dan menggunakan Kartu Tani. Keberhasilan pengelolaan Kartu Tani di Jawa Tengah bahkan membuat program ini diangkat menjadi program nasional.

Baca Juga : Peran Ganjar Pranowo dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Jawa Tengah Melalui Peningkatan Nilai Tukar Petani

Selain itu, program Subsidi Bunga dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) membantu petani dalam akses permodalan. Kementerian Pertanian memberikan penghargaan kepada Ganjar Pranowo dengan dua Gelar Tanda Kehormatan (GTK), yaitu Satyalencana Pembangunan dan Wira Karya, sebagai pengakuan atas inovasinya.

Ganjar mengakui bahwa keberhasilannya tidak terlepas dari kerjasama dengan rekan-rekan dari Pemprov Jateng sejak tahun 2015, dan ia merasa bersyukur atas usulan penghargaan ini yang akan bermanfaat terutama bagi para petani. Ganjar juga optimis bahwa masa depan pertanian di Jawa Tengah akan terus berkembang. Kinerja gemilang Ganjar Pranowo telah membuatnya dianggap sebagai kandidat potensial untuk memimpin Indonesia di masa yang akan datang.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *