Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Siap Sejahterakan Guru

Ganjar Siap Sejahterakan Guru

Spread the love

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo memiliki tujuan untuk meningkatkan martabat dan kesejahteraan guru dengan memberikan kompensasi yang sesuai dengan dedikasi mereka.

Ganjar optimis bahwa kenaikan gaji guru yang besar dapat dicapai secara bertahap.

“(Kenaikan gaji guru) dapat kita lakukan secara bertahap. Tetapi, perlu dipahami lebih rinci melalui pembahasan yang lebih mendalam dari apa yang telah saya sampaikan,” ungkap Ganjar setelah berpartisipasi dalam acara ‘Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia’, yang diselenggarakan oleh Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (17/9/2023).

Ganjar menekankan bahwa memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan guru merupakan bagian integral dari strategi investasi dalam sektor pendidikan, yang diarahkan untuk menyambut bonus demografi.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Menolak Membuat Program Food Estate

Bonus demografi dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia jika didukung oleh infrastruktur yang memadai dan keberadaan guru yang kompeten serta sejahtera.

“Guru perlu mendapatkan perhatian yang baik karena kita akan mengalami bonus demografi. Hal tersebut perlu dikelola dengan cermat, dan investasi dalam sektor pendidikan harus signifikan pada periode tersebut,” ungkap gubernur dua periode dari Jawa Tengah tersebut. Ganjar Pranowo juga menyoroti fakta bahwa banyak lulusan universitas terbaik enggan memilih profesi guru karena pertimbangan ekonomi.

Dengan meningkatkan pendapatan guru sehingga kesejahteraan guru dapat tercipta, Ganjar meyakini bahwa akan ada lebih banyak lulusan yang tertarik untuk mengejar karier di bidang pendidikan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan di Indonesia.

“Menurut pandangan saya, ini adalah salah satu cara kita untuk menghormati guru dan membuat profesi ini menjadi sangat dihargai, terutama ketika kita perlu mengejar ketertinggalan,” ujarnya.

Ganjar berharap bahwa langkah ini tidak hanya akan meningkatkan status guru sebagai profesi yang dihormati, tetapi juga akan membawa kemakmuran bagi para pendidik di seluruh penjuru negeri.

Misi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Bidang Pendidikan

Sementara itu, dalam visi misinya pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia secara merata lewat 5 porgram, diantaranya:

  1. Pendidikan 12 Tahun Gratis: Akses Ilmu Tanpa Biaya

Transformasi dalam sektor pendidikan mencakup pemanfaatan tele-edukasi bagi seluruh anak Indonesia secara merata, di sekolah negeri maupun swasta yang memenuhi persyaratan bantuan dari pemerintah, termasuk bagi santri dan pesantren, dengan tujuan agar pendidikan menjadi berkualitas dan produktif.

  1. 1 Sarjana untuk Setiap Keluarga Miskin

Upaya memastikan bahwa setiap keluarga miskin dapat menyekolahkan setidaknya satu anggota keluarganya hingga tingkat sarjana, sebagai langkah untuk memutus rantai kemiskinan.

Baca Juga : Komitmen Ganjar Pranowo untuk Papua

  1. Kesejahteraan dan Kualitas Guru dan Dosen Sejajar dengan Negara Maju

Peningkatan pendapatan dan kesejahteraan guru dan dosen akan diupayakan melalui penyederhanaan proses sertifikasi guru dan dosen.

  1. Peningkatan Kualitas Santri dan Pesantren

Memberikan beasiswa afirmasi, mendukung pendidikan keagamaan baik untuk Kiai maupun tenaga kependidikan pesantren, memberikan modal khusus untuk santripreneur, memfasilitasi akses teknologi, dan mengundang inovator internasional ke pesantren.

  1. Integrasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi dengan Dunia Usaha

Menyusun hubungan yang erat antara kebutuhan dunia usaha dan kurikulum pendidikan, serta menyediakan pelatihan yang mendukung melalui program pemagangan di sekolah vokasi.

Demikian program pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk mensejahterakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *