Blog Post

Gerakan > Business > Ganjar Pranowo Upayakan Kesejahteraan Buruh Terjamin, Apa Saja Isinya?

Ganjar Pranowo Upayakan Kesejahteraan Buruh Terjamin, Apa Saja Isinya?

Spread the love

Ganjar Pranowo, calon presiden yang diusung oleh beberapa partai politik, telah menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan buruh di Indonesia. Saat berkunjung ke PT UNIPRES Indonesia di Industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat (17/11/2023), Ganjar membahas langkah-langkah konkrit yang pernah dilakukannya selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Dalam upayanya meningkatkan kesejahteraan buruh, Ganjar memaparkan empat hak yang akan dia dorong. Apa sajakah itu?

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Bentuk TPD di 38 Provinsi

Poin-Poin Kesejahteraan Buruh yang Diupayakan oleh Ganjar Pranowo & Mahfud MD

1. Poin Kesejahteraan Buruh 1: Jaminan Pendidikan Berkualitas bagi Anak-anak Pekerja

Ganjar Pranowo meyakinkan bahwa pendidikan anak-anak buruh merupakan fondasi penting dalam membangun masa depan yang lebih baik. Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, ia telah mengimplementasikan program jaminan pendidikan untuk anak-anak buruh. Langkah ini bertujuan memberikan akses pendidikan yang berkualitas, memastikan generasi buruh memiliki bekal pengetahuan yang memadai.

“Menjamin soal pendidikan anak-anaknya,” ungkap Ganjar sambil memastikan pendidikan berkualitas sebagai fondasi yang kokoh bagi masa depan anak-anak buruh.

3. Poin Kesejahteraan Buruh 2: Prioritaskan Kesehatan Buruh dan Keluarganya

Kesehatan menjadi aspek krusial dalam upaya Ganjar meningkatkan kesejahteraan buruh. Dengan memastikan fasilitas kesehatan yang memadai di sekitar kawasan industri, Ganjar berusaha mengatasi tantangan kesehatan yang dihadapi oleh buruh dan keluarganya. Hal ini mencakup akses mudah terhadap layanan kesehatan dan fasilitas medis yang memadai.

“Menjamin kesehatan buruh dan keluarganya,” lugas ayah dari Alam Ganjar yang menunjukkan kepeduliannya kepada kesehatan buruh karena berkaitan langsung dengan produktivitas

3. Poin Kesejahteraan Buruh 3: Solusi Transportasi yang Efisien

Ganjar Pranowo memberikan perhatian khusus pada masalah transportasi yang sering menjadi hambatan bagi kesejahteraan buruh. Melalui pengembangan transportasi umum yang efisien, seperti pengalamannya menyediakan kebijakan proyek Trans Jateng, Ganjar berusaha mengurangi beban transportasi buruh. Dengan memberikan insentif pada sektor transportasi, ia berusaha membantu buruh untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih terjangkau.

4. Poin Kesejahteraan Buruh 4: Perumahan yang Terjangkau dengan Lokasi Pabrik

Salah satu fokus utama Ganjar adalah memastikan buruh memiliki akses perumahan yang terjangkau, terutama di sekitar kawasan industri. Dengan menekankan pada pembangunan perumahan di dekat pabrik, ia berupaya mengurangi biaya akomodasi buruh. Ganjar melihat penyediaan rusun (rumah susun) sebagai opsi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan perumahan buruh.

“Kalau ada kawasan industri semacam ini, kita minta di sebelahnya ada satu space untuk perumahan, jadi orang tinggal jalan kaki, ini hemat. Maka pendapatan itu akan makin bisa tercukupi karena insentif ini, saya katakan ini insentif,” ujar Ganjar.

Dalam kunjungannya ke PT UNIPRES Indonesia di Industri Bukit Indah, Purwakarta, Ganjar Pranowo menjelaskan secara rinci keempat poin tersebut. Ia tidak hanya memberikan janji, tetapi juga menggambarkan pengalaman dan langkah konkret yang telah diambilnya selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ganjar menunjukkan komitmennya untuk terus mengembangkan kebijakan yang relevan sesuai dengan kebutuhan buruh di masa yang akan datang.

Ganjar juga mengaitkan program-programnya dengan kebutuhan masyarakat dan regulasi terkait upah buruh. Selain itu, ia mengapresiasi perusahaan seperti PT UNIPRES yang telah memberikan peluang pekerjaan kepada banyak orang Indonesia. Dalam pandangannya, belajar dari budaya kerja, kecanggihan, dan kinerja perusahaan seperti itu adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan bangsa.

Baca Juga: Makhluk Luar Biasa itu Adalah Perempuan

Dengan demikian, Ganjar Pranowo bukan hanya menawarkan janji-janji, melainkan konsep dan langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan buruh di Indonesia, menjadikannya sebagai pemimpin yang berkomitmen untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *